Judul : Pentingnya Membangun Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan
link : Pentingnya Membangun Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan
Pentingnya Membangun Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan

Komunikasi adalah hal yang sangat mendasar serta paling melekat dengan manusia. Pernahkah kamu membayangkan bagaimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semisal terpenjara. Perihal itu normal kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu tidak hanya tentang bicara loh. Pada dasarnya komunikasi adalah proses penyampaian pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya bermacam-macam, bisa verbal (contohnya melalui ucapan, kata-kata, serta tulisan) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).
Ada beberapa hal penting yang melekat dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut seorang ahli komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling penting dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, serta mengartikan pesan yang diperoleh dari sebuah komunikasi. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul persoalan. Seringkali pesan atau komunikasi yang mau kita sampaikan tidak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya jadi salah paham.
Komunikasi Efisien di Tempat Kerja
Di tempat kerja setiap hari kita bertemu serta berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan kolega kerja, curhat masalah pribadi dengan sahabat di 1 divisi, hingga diskusi tentang pekerjaan dengan bos. Terkadang proses komunikasi ini tak selalu mulus. Selisih paham mungkin bisa terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya ialah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menyebabkan permasalahan antara 2 pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efisien sangat dibutuhkan.
Pada dasarnya semua orang memiliki kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu telah naluriah dan alami sejak dilahirkan. Namun tak semua orang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efektif terjadi kala pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda mau mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Saat berdialog dengan bos, kalian wajib menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan kamu mengajukan cuti agar bos kamu benar-benar mengerti serta akhirnya memberikan izin. Pesan itu harus tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tidak baik.
Ada beberapa metode yang bisa kalian lakukan buat menjadikan komunikasi kalian di tempat kerja lebih efisien, di antarnya:
- Coba buat lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan dalam mendengar. Kamu wajib bisa menghargai rekan kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap pembicaraan dengan antusias dan saksama. Dengan begini teman kerja serta bos kamu juga akan menghargai kamu saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.
Point dari komunikasi yang efektif adalah ketika pesan dapat tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa kalian berbicara serta sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting agar komunikasi mudah dipahami serta akhirnya menjadi efektif.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Dikala kita berdialog dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting buat dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, serta sesekali memberi anggukan sebagai respon positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kalian sebagai tanda bahwa kalian antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Pentingnya Membangun Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan
Sekianlah artikel
Pentingnya Membangun Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pentingnya Membangun Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/pentingnya-membangun-komunikasi-efisien_26.html
0 Response to " Pentingnya Membangun Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan "
Posting Komentar