Judul : Pentingnya Membangun Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan
link : Pentingnya Membangun Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan
Pentingnya Membangun Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan

Komunikasi adalah hal yang sangat mendasar dan paling menempel dengan manusia. Sempatkah anda membayangkan bagaimana rasanya bertahan 1 hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semacam terpenjara. Perihal itu wajar kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu bukan hanya terkait bicara loh. Prinsipnya komunikasi adalah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya bermacam-macam, bisa verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, dan tulisan) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).
Ada beberapa hal utama yang melekat dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut seorang ahli komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling penting dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi ialah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, serta mengartikan pesan yang diperoleh dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul persoalan. Seringkali pesan atau komunikasi yang mau kita sampaikan tidak diterima atau diartikan dengan benar, akhirnya jadi salah paham.
Komunikasi Efisien di Lingkungan Kerja
Di lokasi kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan rekan kerja, curhat masalah pribadi dengan sahabat di 1 divisi, hingga diskusi tentang pekerjaan dengan bos. Terkadang proses komunikasi ini tidak selalu mulus. Selisih paham mungkin bisa terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menyebabkan persoalan antara 2 pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat dibutuhkan.
Pada dasarnya semua orang memiliki kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu sudah naluriah dan alami sejak dilahirkan. Tetapi tidak semua orang memiliki kemampuan buat berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efektif terjadi ketika pesan terkirim dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda ingin mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang mendesak di luar kota. Saat berdialog dengan bos, kalian harus menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan kalian mengajukan cuti agar atasan kamu benar-benar paham serta akhirnya memberikan ijin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik buat menghindari kesalah pahaman yang nantinya bisa berujung pada komunikasi yang tak.
Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menjadikan komunikasi anda di tempat kerja lebih efisien, di antarnya:
- Coba untuk lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan dalam mendengar. Anda wajib bisa menghargai kolega kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini kolega kerja serta atasan kamu juga akan menghargai kamu saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.
Point dari komunikasi yang efektif adalah waktu pesan dapat tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa kalian berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi gampang dipahami serta akhirnya menjadi efisien.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Waktu kita berdialog dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Meski ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting untuk dilakukan. Misalnya dikala berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kalian sebagai tanda bahwa kalian antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Pentingnya Membangun Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan
Sekianlah artikel
Pentingnya Membangun Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pentingnya Membangun Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/pentingnya-membangun-komunikasi-efisien_9.html
0 Response to " Pentingnya Membangun Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan "
Posting Komentar