Judul : Pentingnya Membangun Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Kerja
link : Pentingnya Membangun Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Kerja
Pentingnya Membangun Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Kerja

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar serta paling melekat pada manusia. Pernahkah kamu membayangkan gimana rasanya bertahan 1 hari tanpa komunikasi apapun? Pasti seperti terpenjara. Perihal itu normal kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu bukan hanya tentang bicara loh. Prinsipnya komunikasi adalah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari satu pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, bisa verbal (contohnya melalui ucapan, kata-kata, dan tulisan) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).
Ada beberapa hal utama yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi adalah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, serta mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang bisa mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang mau kita sampaikan tak diterima atau diartikan dengan benar, akhirnya jadi salah paham.
Komunikasi Efisien di Lingkungan Kerja
Di tempat kerja setiap hari kita bertemu serta berinteraksi dengan bermacam-macam orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan kolega kerja, curhat masalah pribadi dengan rekan di satu bagian, sampai diskusi tentang pekerjaan dengan bos. Kadang kala proses komunikasi ini tak selalu mulus. Selisih paham mungkin bisa terjadi waktu proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang dapat berselisih paham. Salah satunya ialah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan persoalan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efisien sangat diperlukan.
Pada dasarnya setia orang mempunyai kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu sudah naluriah dan alami sejak kita dilahirkan. Tetapi tak semua orang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efisien terjadi ketika pesan terkirim dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda mau mengajukan cuti ke bos dengan alasan acara keluarga yang mendesak di luar kota. Waktu bicara dengan bos, kalian mesti menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan kamu mengajukan cuti supaya atasan anda benar-benar paham serta akhirnya memberikan izin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik buat menghindari kesalah pahaman yang nantinya bisa berujung pada komunikasi yang tidak baik.
Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menjadikan komunikasi anda di tempat kerja lebih efektif, di antarnya:
- Coba buat lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan waktu mendengar. Kamu mesti bisa menghormati teman kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap pembicaraan dengan antusias dan saksama. Dengan begini kolega kerja dan atasan kalian juga akan menghargai kamu saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang mudah.
Point dari komunikasi yang efektif adalah waktu pesan dapat tersampaikan dengan baik. Jadi, ketahuilah dengan siapa anda berbicara serta sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting agar komunikasi gampang dipahami dan akhirnya menjadi efisien.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Waktu kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah untuk memperhatikan gerak-gerik tubuh. Meski ini hal yang terdengar sepele, tetapi berarti untuk dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, serta sesekali memberi anggukan sebagai respon positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kamu sebagai tanda bahwa kamu antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Pentingnya Membangun Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Kerja
Sekianlah artikel
Pentingnya Membangun Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Kerja
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pentingnya Membangun Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Kerja dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/pentingnya-membangun-komunikasi-yang_28.html
0 Response to " Pentingnya Membangun Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Kerja "
Posting Komentar