Judul : Pentingnya Membangun Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Pekerjaan
link : Pentingnya Membangun Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Pekerjaan
Pentingnya Membangun Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Pekerjaan

Komunikasi adalah hal yang sangat mendasar serta paling melekat dengan manusia. Sempatkah kalian berimajinasi gimana rasanya bertahan 1 hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semisal terpenjara. Perihal itu wajar kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan basic manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu bukan hanya tentang bicara loh. Pada dasarnya komunikasi adalah proses penyampaian pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya bermacam-macam, bisa verbal (contohnya melalui ucapan, kata-kata, serta tertulis) atau non-verbal (ekspresi serta gerak tubuh).
Ada beberapa hal utama yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi ialah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diperoleh dari sebuah komunikasi. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya awal timbul persoalan. Seringkali pesan atau komunikasi yang mau kita sampaikan tak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya menjadi salah paham.
Komunikasi Efisien di Area Kerja
Di tempat kerja setiap hari kita bertemu serta berinteraksi dengan bermacam-macam orang. Mulai dari ngobrol masalah kerjaan dengan teman kerja, curhat masalah pribadi dengan teman di 1 bagian, sampai diskusi terkait pekerjaan dengan bos. Kadang kala proses komunikasi ini tak selalu lancar. Selisih paham mungkin pernah terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan persoalan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat dibutuhkan.
Pada dasarnya setia orang mempunyai kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu sudah naluriah dan alami sejak dilahirkan. Namun tidak semua orang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efektif terjadi kala pesan terkirim dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya kamu ingin mengajukan cuti ke bos dengan alasan acara keluarga yang mendesak di luar kota. Saat bicara dengan bos, kalian mesti menyampaikan dengan jelas maksud serta tujuan anda mengajukan cuti agar atasan kalian benar-benar paham dan akhirnya memberikan izin. Pesan itu harus tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya bisa berujung pada komunikasi yang tak.
Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan buat menjadikan komunikasi kalian di tempat kerja lebih efektif, di antarnya:
- Coba buat lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan dalam mendengar. Kalian harus bisa menghormati kolega kerja dan atasan di kantor dengan mendengarkan setiap pembicaraan dengan antusias dan saksama. Dengan begini rekan kerja dan bos kamu juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.
Point dari komunikasi yang efektif ialah waktu pesan bisa tersampaikan dengan baik. Jadi, ketahuilah dengan siapa kamu berbicara serta sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting agar komunikasi gampang dipahami serta akhirnya menjadi efektif.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Saat kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Meski ini hal yang terdengar sepele, tetapi berarti untuk dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai respon positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kalian sebagai tanda bahwa kamu antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Pentingnya Membangun Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Pekerjaan
Sekianlah artikel
Pentingnya Membangun Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pentingnya Membangun Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/pentingnya-membangun-komunikasi-yang_59.html
0 Response to " Pentingnya Membangun Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Pekerjaan "
Posting Komentar