Judul : Pentingnya Membina Komunikasi Baik di Lokasi Kerja
link : Pentingnya Membina Komunikasi Baik di Lokasi Kerja
Pentingnya Membina Komunikasi Baik di Lokasi Kerja

Komunikasi adalah hal yang sangat mendasar dan paling menempel dengan manusia. Pernahkah kamu membayangkan gimana rasanya bertahan 1 hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semisal terpenjara. Hal itu normal kok, sebab memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu tidak melulu tentang bicara loh. Pada dasarnya komunikasi ialah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya bermacam-macam, dapat verbal (contohnya melalui ucapan, kata-kata, serta tulisan) atau non-verbal (ekspresi serta gerak tubuh).
Ada beberapa hal penting yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi adalah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi ialah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, serta mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya awal timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang mau kitakirim tidak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya jadi salah paham.
Komunikasi Efektif di Area Kerja
Di area kerja setiap hari kita bertemu serta berinteraksi dengan bermacam-macam orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan kolega kerja, curhat masalah pribadi dengan teman di satu bagian, hingga diskusi tentang pekerjaan dengan atasan. Terkadang proses komunikasi ini tidak selalu mulus. Selisih paham mungkin bisa terjadi waktu proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menyebabkan permasalahan antara 2 pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efisien sangat dibutuhkan.
Pada dasarnya setia orang mempunyai kemampuan dasar untuk berkomunikasi, itu sudah naluriah serta alami sejak dilahirkan. Namun tidak semua orang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efisien terjadi kala pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya kalian mau mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Waktu berdialog dengan bos, kamu harus menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan anda mengajukan cuti agar atasan kamu betul - betul paham dan akhirnya memberikan ijin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik buat menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tak.
Ada beberapa metode yang dapat kalian lakukan buat menjadikan komunikasi kalian di tempat kerja lebih efektif, di antarnya:
- Coba untuk lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif dimulai dari kemampuan waktu mendengar. Kalian harus dapat menghormati kolega kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini kolega kerja dan atasan kalian juga akan menghargai kamu saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.
Inti dari komunikasi yang efektif ialah waktu pesan bisa tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa anda berbicara serta sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi gampang dipahami serta akhirnya menjadi efisien.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Waktu kita berdialog dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting untuk dilakukan. Misalnya dikala berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, serta sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kamu sebagai tanda bahwa anda antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Pentingnya Membina Komunikasi Baik di Lokasi Kerja
Sekianlah artikel
Pentingnya Membina Komunikasi Baik di Lokasi Kerja
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pentingnya Membina Komunikasi Baik di Lokasi Kerja dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/pentingnya-membina-komunikasi-baik-di_35.html
0 Response to " Pentingnya Membina Komunikasi Baik di Lokasi Kerja "
Posting Komentar