Judul : Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja
link : Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja
Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar dan paling menempel pada manusia. Pernahkah kamu berimajinasi bagaimana rasanya bertahan 1 hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semacam terpenjara. Perihal itu wajar kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan basic manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu tidak melulu terkait bicara loh. Pada dasarnya komunikasi ialah proses penyampaian pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, bisa verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, serta tulisan) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).
Ada beberapa hal penting yang melekat dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling penting dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi ialah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diperoleh dari sebuah komunikasi. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul persoalan. Seringkali pesan atau komunikasi yang mau kitakirim tak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya menjadi salah paham.
Komunikasi Efektif di Tempat Kerja
Di lokasi kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan bermacam-macam orang. Mulai dari ngobrol masalah kerjaan dengan kolega kerja, curhat masalah pribadi dengan sahabat di satu divisi, sampai diskusi tentang pekerjaan dengan atasan. Kadang kala proses komunikasi ini tidak selalu lancar. Selisih paham mungkin pernah terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya ialah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan permasalahan antara 2 pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat diperlukan.
Pada dasarnya semua orang mempunyai kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu sudah naluriah serta alami sejak dilahirkan. Namun tidak semua orang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efisien terjadi kala pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda ingin mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Waktu berdialog dengan atasan, anda harus menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan kalian mengajukan cuti supaya bos kalian betul - betul paham serta akhirnya memberikan ijin. Pesan itu harus tersampaikan dengan baik buat menghindari kesalah pahaman yang nantinya bisa berujung pada komunikasi yang tidak baik.
Ada beberapa metode yang dapat kalian lakukan buat menjadikan komunikasi anda di tempat kerja lebih efektif, di antarnya:
- Coba untuk lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif dimulai dari kemampuan dalam mendengar. Kalian harus dapat menghargai teman kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap pembicaraan dengan antusias dan saksama. Dengan begini teman kerja serta bos anda juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang mudah.
Inti dari komunikasi yang efektif ialah ketika pesan dapat tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa kalian berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi gampang dipahami dan akhirnya menjadi efisien.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Saat kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Meski ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting buat dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai respon positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara anda sebagai tanda bahwa anda antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja
Sekianlah artikel
Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/pentingnya-membina-komunikasi-efisien.html
0 Response to " Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja "
Posting Komentar