Judul : Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan
link : Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan
Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar serta paling menempel pada manusia. Sempatkah anda berimajinasi bagaimana rasanya bertahan 1 hari tanpa komunikasi apapun? Pasti seperti terpenjara. Hal itu wajar kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu bukan melulu terkait bicara loh. Prinsipnya komunikasi adalah proses penyampaian pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya bermacam-macam, bisa verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, serta tulisan) atau non-verbal (ekspresi serta gerak tubuh).
Ada beberapa hal penting yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang ahli komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi ialah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, serta mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul persoalan. Seringkali pesan atau komunikasi yang mau kitakirim tidak diterima atau diartikan dengan benar, akhirnya jadi salah paham.
Komunikasi Efisien di Area Kerja
Di area kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan bermacam-macam orang. Mulai dari ngobrol masalah kerjaan dengan rekan kerja, curhat masalah pribadi dengan rekan di 1 bagian, sampai diskusi terkait pekerjaan dengan bos. Kadang kala proses komunikasi ini tidak selalu lancar. Selisih paham mungkin pernah terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang dapat berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menyebabkan persoalan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat diperlukan.
Pada dasarnya setia orang mempunyai kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu telah naluriah serta alami sejak kita dilahirkan. Tetapi tidak semua orang memiliki kemampuan buat berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efektif terjadi ketika pesan terkirim dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya kalian mau mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang mendesak di luar kota. Saat berkomunikasi dengan atasan, anda mesti menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan kamu mengajukan cuti agar atasan kalian betul - betul mengerti serta akhirnya memberikan izin. Pesan itu mesti tersampaikan dengan baik buat menghindari kesalah pahaman yang nantinya bisa berujung pada komunikasi yang tidak baik.
Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadikan komunikasi kalian di tempat kerja lebih efisien, di antarnya:
- Coba buat lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan waktu mendengar. Kamu harus bisa menghargai rekan kerja dan atasan di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini kolega kerja dan bos kamu juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang mudah.
Inti dari komunikasi yang efektif ialah waktu pesan bisa tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa kamu berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting agar komunikasi mudah dipahami serta akhirnya menjadi efisien.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Dikala kita berdialog dengan rekan kerja berusahalah untuk memperhatikan gerak-gerik tubuh. Meski ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting untuk dilakukan. Misalnya dikala berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, serta sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kamu sebagai tanda bahwa kamu antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan
Sekianlah artikel
Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/pentingnya-membina-komunikasi-efisien_15.html
0 Response to " Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan "
Posting Komentar