Judul : Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Kerja
link : Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Kerja
Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Kerja

Komunikasi adalah hal yang sangat mendasar serta paling menempel dengan manusia. Pernahkah kamu membayangkan bagaimana rasanya bertahan 1 hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semacam terpenjara. Perihal itu wajar kok, sebab memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu tidak hanya tentang bicara loh. Pada dasarnya komunikasi ialah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari satu pihak ke pihak lainnya. Bentuknya bermacam-macam, bisa verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, serta tulisan) atau non-verbal (ekspresi serta gerak tubuh).
Ada beberapa hal penting yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi adalah hal yang paling penting dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diperoleh dari sebuah komunikasi. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kita sampaikan tidak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya jadi salah paham.
Komunikasi Efisien di Lingkungan Kerja
Di lokasi kerja setiap hari kita bertemu serta berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan teman kerja, curhat masalah pribadi dengan rekan di satu divisi, hingga diskusi tentang pekerjaan dengan bos. Terkadang proses komunikasi ini tak selalu lancar. Selisih paham mungkin bisa terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menyebabkan persoalan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat diperlukan.
Pada dasarnya setia orang mempunyai kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu sudah naluriah dan alami sejak dilahirkan. Tetapi tak semua orang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efisien terjadi kala pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya kamu ingin mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Waktu berdialog dengan atasan, kamu mesti menyampaikan dengan jelas maksud serta tujuan anda mengajukan cuti agar bos anda betul - betul paham dan akhirnya memberikan izin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik buat menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tidak baik.
Ada beberapa metode yang bisa anda lakukan untuk menjadikan komunikasi kamu di lokasi kerja lebih efisien, di antarnya:
- Coba buat lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan waktu mendengar. Kalian wajib dapat menghormati rekan kerja dan atasan di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini teman kerja dan atasan kamu juga akan menghargai kamu saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang mudah.
Point dari komunikasi yang efektif ialah ketika pesan bisa tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa kamu berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi gampang dipahami dan akhirnya menjadi efektif.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Dikala kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Meski ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting untuk dilakukan. Misalnya dikala berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, serta sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kamu sebagai tanda bahwa kalian antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Kerja
Sekianlah artikel
Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Kerja
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Kerja dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/pentingnya-membina-komunikasi-efisien_17.html
0 Response to " Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Kerja "
Posting Komentar