Judul : Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan
link : Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan
Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar dan paling melekat pada manusia. Sempatkah anda membayangkan gimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semacam terpenjara. Hal itu normal kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu bukan hanya tentang bicara loh. Prinsipnya komunikasi ialah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, bisa verbal (contohnya melalui ucapan, kata-kata, dan tulisan) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).
Ada beberapa hal penting yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi adalah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, serta mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya awal timbul persoalan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kitakirim tak diterima atau diartikan dengan benar, akhirnya jadi salah paham.
Komunikasi Efisien di Lingkungan Kerja
Di tempat kerja setiap hari kita bertemu serta berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan teman kerja, curhat masalah pribadi dengan rekan di satu bagian, hingga diskusi terkait pekerjaan dengan bos. Terkadang proses komunikasi ini tidak selalu mulus. Selisih paham mungkin bisa terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang dapat berselisih paham. Salah satunya ialah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menyebabkan permasalahan antara 2 pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat diperlukan.
Pada dasarnya setia orang mempunyai kemampuan dasar untuk berkomunikasi, itu telah naluriah dan alami sejak kita dilahirkan. Tetapi tak semua orang punya kemampuan buat berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efisien terjadi kala pesan terkirim dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda ingin mengajukan cuti ke bos dengan alasan acara keluarga yang mendesak di luar kota. Saat berdialog dengan atasan, kalian mesti menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan kamu mengajukan cuti supaya bos kamu benar-benar paham dan akhirnya memberikan izin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya bisa berujung pada komunikasi yang tak.
Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan buat menjadikan komunikasi anda di lokasi kerja lebih efisien, di antarnya:
- Coba untuk lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif dimulai dari kemampuan waktu mendengar. Kamu wajib dapat menghargai rekan kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap pembicaraan dengan antusias dan saksama. Dengan begini teman kerja dan bos kamu juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.
Point dari komunikasi yang efektif adalah waktu pesan bisa tersampaikan dengan baik. Jadi, ketahuilah dengan siapa anda berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi mudah dipahami serta akhirnya menjadi efisien.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Dikala kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Meski ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting buat dilakukan. Misalnya dikala berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kamu sebagai tanda bahwa kamu antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan
Sekianlah artikel
Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/pentingnya-membina-komunikasi-efisien_18.html
0 Response to " Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan "
Posting Komentar