Judul : Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Tempat Kerja
link : Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Tempat Kerja
Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Tempat Kerja

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar serta paling melekat dengan manusia. Pernahkah kamu berimajinasi gimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semacam terpenjara. Hal itu normal kok, sebab memang komunikasi itu kebutuhan basic manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu tidak melulu tentang bicara loh. Pada dasarnya komunikasi adalah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, dapat verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, serta tertulis) atau non-verbal (ekspresi serta gerak tubuh).
Ada beberapa hal penting yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut seorang ahli komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang mau kitakirim tak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya menjadi salah paham.
Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja
Di lokasi kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan bermacam-macam orang. Mulai dari ngobrol masalah kerjaan dengan kolega kerja, curhat masalah pribadi dengan teman di 1 bagian, sampai diskusi terkait pekerjaan dengan atasan. Terkadang proses komunikasi ini tak selalu lancar. Selisih paham mungkin pernah terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang dapat berselisih paham. Salah satunya ialah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menyebabkan permasalahan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efisien sangat dibutuhkan.
Pada dasarnya semua orang mempunyai kemampuan dasar untuk berkomunikasi, itu sudah naluriah dan alami sejak kita dilahirkan. Namun tidak semua orang punya kemampuan untuk berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efisien terjadi kala pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya kalian ingin mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang mendesak di luar kota. Saat berdialog dengan bos, anda wajib menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan kalian mengajukan cuti supaya atasan kalian benar-benar paham dan akhirnya memberikan ijin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik buat menghindari kesalah pahaman yang nantinya bisa berujung pada komunikasi yang tidak baik.
Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan buat menjadikan komunikasi kamu di lokasi kerja lebih efektif, di antarnya:
- Coba buat lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif dimulai dari kemampuan dalam mendengar. Anda mesti dapat menghargai rekan kerja dan atasan di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini teman kerja dan bos kalian juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.
Point dari komunikasi yang efektif ialah waktu pesan dapat tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa anda berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting agar komunikasi mudah dipahami dan akhirnya menjadi efisien.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Dikala kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah untuk memperhatikan gerak-gerik tubuh. Meski ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting buat dilakukan. Misalnya dikala berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai respon positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara anda sebagai tanda bahwa kalian antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Tempat Kerja
Sekianlah artikel
Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Tempat Kerja
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Tempat Kerja dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/pentingnya-membina-komunikasi-efisien_27.html
0 Response to " Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Tempat Kerja "
Posting Komentar