Judul : Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan
link : Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan
Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar serta paling melekat pada manusia. Sempatkah kalian membayangkan gimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semisal terpenjara. Hal itu wajar kok, sebab memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu tidak melulu terkait bicara loh. Pada dasarnya komunikasi adalah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari satu pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, dapat verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, dan tulisan) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).
Ada beberapa hal penting yang melekat dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling penting dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi ialah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang mau kita sampaikan tak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya menjadi salah paham.
Komunikasi Efektif di Tempat Kerja
Di area kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan rekan kerja, curhat masalah pribadi dengan sahabat di 1 divisi, hingga diskusi tentang pekerjaan dengan atasan. Kadang kala proses komunikasi ini tidak selalu lancar. Selisih paham mungkin bisa terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya ialah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menyebabkan persoalan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat diperlukan.
Pada dasarnya setia orang mempunyai kemampuan dasar untuk berkomunikasi, itu telah naluriah dan alami sejak kita dilahirkan. Namun tidak semua orang punya kemampuan buat berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efisien terjadi ketika pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda ingin mengajukan cuti ke bos dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Waktu berkomunikasi dengan bos, kamu mesti menyampaikan dengan jelas maksud serta tujuan kalian mengajukan cuti supaya atasan kalian betul - betul paham dan akhirnya memberikan izin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya bisa berujung pada komunikasi yang tidak baik.
Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menjadikan komunikasi kalian di tempat kerja lebih efektif, di antarnya:
- Coba buat lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan waktu mendengar. Kamu harus bisa menghargai rekan kerja dan atasan di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini kolega kerja dan atasan anda juga akan menghargai kamu saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang mudah.
Inti dari komunikasi yang efektif adalah ketika pesan dapat tersampaikan dengan baik. Jadi, ketahuilah dengan siapa kamu berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi gampang dipahami serta akhirnya menjadi efektif.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Dikala kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah untuk memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi berarti buat dilakukan. Misalnya dikala berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, serta sesekali memberi anggukan sebagai respon positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kalian sebagai tanda bahwa kalian antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan
Sekianlah artikel
Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/pentingnya-membina-komunikasi-efisien_28.html
0 Response to " Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan "
Posting Komentar