Judul : Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan
link : Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan
Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan

Komunikasi adalah hal yang sangat mendasar dan paling melekat dengan manusia. Pernahkah kamu membayangkan bagaimana rasanya bertahan 1 hari tanpa komunikasi apapun? Pasti seperti terpenjara. Hal itu normal kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu bukan melulu terkait bicara loh. Pada dasarnya komunikasi adalah proses penyampaian pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, dapat verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, dan tertulis) atau non-verbal (ekspresi serta gerak tubuh).
Ada beberapa hal penting yang melekat dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling penting dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi ialah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diperoleh dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya awal timbul persoalan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kitakirim tak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya jadi salah paham.
Komunikasi Efektif di Area Kerja
Di lokasi kerja setiap hari kita bertemu serta berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol masalah kerjaan dengan kolega kerja, curhat masalah pribadi dengan sahabat di satu divisi, sampai diskusi terkait pekerjaan dengan atasan. Kadang kala proses komunikasi ini tidak selalu mulus. Selisih paham mungkin pernah terjadi waktu proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya ialah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menyebabkan persoalan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efisien sangat diperlukan.
Pada dasarnya semua orang mempunyai kemampuan dasar untuk berkomunikasi, itu telah naluriah serta alami sejak dilahirkan. Namun tidak semua orang punya kemampuan buat berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efektif terjadi kala pesan terkirim dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya kamu mau mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Waktu bicara dengan bos, kalian harus menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan kalian mengajukan cuti supaya atasan anda benar-benar mengerti serta akhirnya memberikan izin. Pesan itu mesti tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tidak baik.
Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menjadikan komunikasi kalian di tempat kerja lebih efisien, di antarnya:
- Coba buat lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif dimulai dari kemampuan waktu mendengar. Kalian harus dapat menghargai rekan kerja dan atasan di kantor dengan mendengarkan setiap pembicaraan dengan antusias dan saksama. Dengan begini kolega kerja serta bos anda juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.
Point dari komunikasi yang efektif ialah waktu pesan bisa tersampaikan dengan baik. Jadi, ketahuilah dengan siapa anda berbicara serta sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi gampang dipahami serta akhirnya menjadi efisien.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Saat kita berdialog dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting untuk dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai respon positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kamu sebagai tanda bahwa anda antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan
Sekianlah artikel
Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/pentingnya-membina-komunikasi-efisien_47.html
0 Response to " Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan "
Posting Komentar