Judul : Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efektif di Lokasi Kerja
link : Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efektif di Lokasi Kerja
Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efektif di Lokasi Kerja

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar dan paling melekat dengan manusia. Sempatkah kalian berimajinasi gimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semisal terpenjara. Perihal itu normal kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan basic manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu bukan melulu terkait bicara loh. Prinsipnya komunikasi adalah proses penyampaian pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya bermacam-macam, bisa verbal (contohnya melalui ucapan, kata-kata, dan tertulis) atau non-verbal (ekspresi serta gerak tubuh).
Ada beberapa hal penting yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling penting dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diperoleh dari sebuah komunikasi. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kita sampaikan tak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya menjadi salah paham.
Komunikasi Efektif di Tempat Kerja
Di tempat kerja setiap hari kita bertemu serta berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol masalah kerjaan dengan teman kerja, curhat masalah pribadi dengan teman di 1 bagian, hingga diskusi terkait pekerjaan dengan bos. Terkadang proses komunikasi ini tidak selalu lancar. Selisih paham mungkin bisa terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan permasalahan antara 2 pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat diperlukan.
Pada dasarnya setia orang mempunyai kemampuan dasar untuk berkomunikasi, itu sudah naluriah dan alami sejak kita dilahirkan. Tetapi tak semua orang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efisien terjadi ketika pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda ingin mengajukan cuti ke bos dengan alasan acara keluarga yang mendesak di luar kota. Waktu berkomunikasi dengan bos, anda harus menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan kalian mengajukan cuti agar atasan anda benar-benar paham serta akhirnya memberikan izin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tidak baik.
Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menjadikan komunikasi kalian di lokasi kerja lebih efisien, di antarnya:
- Coba buat lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan dalam mendengar. Kalian mesti dapat menghormati teman kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini kolega kerja serta atasan kamu juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.
Inti dari komunikasi yang efektif adalah ketika pesan bisa tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa anda berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi mudah dipahami dan akhirnya menjadi efisien.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Waktu kita berdialog dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Meski ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting untuk dilakukan. Misalnya dikala berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, serta sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kalian sebagai tanda bahwa kamu antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efektif di Lokasi Kerja
Sekianlah artikel
Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efektif di Lokasi Kerja
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efektif di Lokasi Kerja dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/pentingnya-membina-komunikasi-yang_18.html
0 Response to " Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efektif di Lokasi Kerja "
Posting Komentar