Judul : Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lingkungan Pekerjaan
link : Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lingkungan Pekerjaan
Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lingkungan Pekerjaan

Komunikasi adalah hal yang sangat mendasar serta paling melekat pada manusia. Sempatkah anda berimajinasi bagaimana rasanya bertahan 1 hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semacam terpenjara. Hal itu normal kok, sebab memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu bukan melulu terkait bicara loh. Prinsipnya komunikasi adalah proses penyampaian pesan dalam bentuk apapun dari satu pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, dapat verbal (contohnya melalui ucapan, kata-kata, dan tertulis) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).
Ada beberapa hal penting yang melekat dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi adalah hal yang paling penting dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi ialah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kitakirim tak diterima atau diartikan dengan benar, akhirnya menjadi salah paham.
Komunikasi Efektif di Area Kerja
Di lokasi kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan bermacam-macam orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan teman kerja, curhat masalah pribadi dengan teman di satu divisi, hingga diskusi terkait pekerjaan dengan atasan. Terkadang proses komunikasi ini tak selalu lancar. Selisih paham mungkin pernah terjadi waktu proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang dapat berselisih paham. Salah satunya ialah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan persoalan antara 2 pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat dibutuhkan.
Pada dasarnya semua orang memiliki kemampuan dasar untuk berkomunikasi, itu telah naluriah dan alami sejak dilahirkan. Tetapi tidak semua orang punya kemampuan buat berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efektif terjadi kala pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya kamu ingin mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang mendesak di luar kota. Waktu berdialog dengan bos, kamu harus menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan anda mengajukan cuti supaya bos kamu benar-benar paham serta akhirnya memberikan izin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tidak baik.
Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk menjadikan komunikasi kalian di tempat kerja lebih efisien, di antarnya:
- Coba untuk lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif dimulai dari kemampuan waktu mendengar. Anda mesti dapat menghargai kolega kerja dan atasan di kantor dengan mendengarkan setiap pembicaraan dengan antusias dan saksama. Dengan begini rekan kerja dan atasan kalian juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang mudah.
Point dari komunikasi yang efektif ialah waktu pesan bisa tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa anda berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting agar komunikasi mudah dipahami serta akhirnya menjadi efisien.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Saat kita berdialog dengan rekan kerja berusahalah untuk memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi berarti buat dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, serta sesekali memberi anggukan sebagai respon positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kamu sebagai tanda bahwa kalian antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lingkungan Pekerjaan
Sekianlah artikel
Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lingkungan Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lingkungan Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/pentingnya-membina-komunikasi-yang_22.html
0 Response to " Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lingkungan Pekerjaan "
Posting Komentar