Kerja tim yang efektif tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Namun, bagaimanakah metode meraih kinerja yang maksimal sebagai tim? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tsb. Team yang kompak dan punya visi yang sama pastinya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil maksimal. Gimana metodenya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan beri sejumlah rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciIni merupakan rahasia umum yang banyak kali diabaikan. Coba buka ruang komunikasi yang luas antar anggota tim. Manfaatkan semua medium komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertatap muka langsung. Yakinkan semua anggota team bisa menyampaikan opininya hingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan dan tanyakan apabila ada hambatan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tak berarti semua mesti sanggup menyampaikan pendapatnya, tetapi ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” mengatakan kalau frekuensi penghargaan yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi tidak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim anda yang mempunyai performa bagus. Penghargaan kecil itu dampaknya dapat menjadi sangat besar dan membuat anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya berimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang baik dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu bila ada pencapaian team yang membanggakan, tidak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota team.
Biarkan Anggota Tim BerbahagiaPengusaha Martin Zwilling dalam tulisannya yang diterbitkan di
Forbes menyebut situasi area kerja mempunyai peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota tim tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang bisa dilakukan demi membuat anggota team lebih senang, misalnya buat irama kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa punya waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga buat tak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Agar mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang karena tidak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyenangi kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta situasi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " Pentingya Engagement dalam Team Kerja "
Posting Komentar