Kerja tim yang efisien tentunya akan mengarah ke hasil yang baik pula. Namun, bagaimanakah cara meraih kinerja yang maksimal sebagai team? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tsb. Tim yang kompak serta punya visi yang serupa pastinya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil maksimal. Gimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go bakal kasih beberapa rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciIni merupakan rahasia umum yang banyak kali diabaikan. Coba deh buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota tim. Manfaatkan semua medium komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Yakinkan semua anggota tim dapat menyampaikan opininya hingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan dan tanyakan apabila ada hambatan yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tidak berarti semua mesti mampu menyampaikan opininya, namun ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” mengatakan kalau jumlah penghargaan yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kalian yang mempunyai performa bagus. Apresiasi kecil itu impactnya dapat jadi sangat besar dan membuat anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya berimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang baik dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu jika ada prestasi team yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangEntrepreneur Martin Zwilling dalam artikelnya yang dimuat di
Forbes menyebut situasi lingkungan kerja mempunyai peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota tim tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang dapat dilakukan demi membuat anggota team lebih senang, misalnya buat irama kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat memiliki waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga untuk tidak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Agar mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang karena tak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyenangi kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta kondisi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " Tiga Cara Meningkatkan Engagement dalam Team yang Efisen "
Posting Komentar