Kerja tim yang baik tentunya akan mengarah ke hasil yang bagus pula. Akan tetapi, bagaimanakah cara meraih performa yang optimal sebagai tim? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tsb. Team yang kompak serta punya visi yang serupa pastinya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil optimal. Bagaimana metodenya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan kasih beberapa rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang banyak kali disepelekan. Coba deh buka ruang komunikasi yang luas antar anggota tim. Manfaatkan semua jalur komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertatap muka langsung. Yakinkan semua anggota team dapat menyampaikan pendapatnya hingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan serta tanyakan bila ada ancaman yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tak berarti semua harus mampu menyampaikan opininya, namun ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” mengatakan jika frekuensi apreasiasi yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi tidak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim kalian yang memiliki performa menonjol. Apresiasi kecil itu dampaknya dapat jadi sangat besar serta membuat anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya berimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang baik dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu bila ada pencapaian team yang membanggakan, tidak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangEntrepreneur Martin Zwilling dalam artikelnya yang diterbitkan di
Forbes menyebut kondisi area kerja mempunyai peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota tim tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan demi membuat anggota tim lebih senang, contohnya buat irama kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa punya waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga buat tak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Agar mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia sebab nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyenangi kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan kondisi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " Tiga Cara Meningkatkan Engagement dalam Team "
Posting Komentar