Kerja tim yang efisien tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Namun, bagaimanakah metode meraih performa yang optimal sebagai tim? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tsb. Tim yang kompak serta punya vision yang serupa tentunya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil optimal. Bagaimana metodenya membangun
engagement dalam team?
Job2Go bakal kasih beberapa rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang sering banget diabaikan. Coba buka ruang komunikasi yang luas antar anggota tim. Manfaatkan semua medium komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Pastikan semua anggota tim bisa menyampaikan opininya hingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan serta tanyakan bila ada hambatan yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tak berarti semua mesti bisa menyampaikan opininya, namun ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” mengatakan jika jumlah apreasiasi yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kalian yang mempunyai performa menonjol. Apresiasi kecil itu impactnya dapat jadi sangat besar serta bikin anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya berimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang bagus dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu bila ada pencapaian tim yang membanggakan, gak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangPengusaha Martin Zwilling dalam artikelnya yang diterbitkan di
Forbes menyebut kondisi lingkungan kerja punya peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota team tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang bisa dilakukan demi membuat anggota team lebih senang, misalnya buat ritme kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa punya waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga buat tidak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Supaya mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia sebab nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyenangi situasi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta kondisi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " Tiga Cara Meningkatkan Engagement dalam Team yang Efektif "
Posting Komentar