Kerja tim yang baik tentunya akan mengarah ke hasil yang bagus pula. Namun, bagaimanakah metode meraih performa yang optimal sebagai tim? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tsb. Team yang kompak dan punya vision yang serupa tentunya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil maksimal. Bagaimana caranya membangun
engagement dalam tim?
Job2Go bakal kasih beberapa rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciIni merupakan rahasia umum yang banyak banget disepelekan. Coba buka ruang komunikasi yang luas antar anggota tim. Manfaatkan semua medium komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Yakinkan semua anggota tim dapat menyampaikan pendapatnya hingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan dan tanyakan bila ada hambatan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tak berarti semua wajib sanggup menyampaikan opininya, namun ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” bilang kalau jumlah apreasiasi yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim anda yang memiliki performa bagus. Apresiasi kecil itu efeknya dapat menjadi sangat besar dan bikin anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya seimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang baik dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu jika ada pencapaian team yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim BerbahagiaEntrepreneur Martin Zwilling dalam tulisannya yang dimuat di
Forbes menyebut situasi lingkungan kerja memiliki peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota tim tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang dapat dilakukan demi membuat anggota tim lebih senang, misalnya buat irama kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa memiliki waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga buat tidak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Agar mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia karena tidak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyenangi situasi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta suasana kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " Tiga Cara Tingkatkan Engagement dalam Team yang Efektif "
Posting Komentar