Kerja team yang efektif tentunya akan mengarah ke hasil yang bagus pula. Namun, bagaimanakah metode meraih kinerja yang maksimal sebagai team? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tersebut. Team yang kompak dan punya visi yang sama pastinya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil optimal. Bagaimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan kasih sejumlah rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciIni merupakan rahasia umum yang banyak banget diabaikan. Coba deh buka ruang komunikasi yang luas antar anggota tim. Gunakan semua jalur komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau berhadapan muka langsung. Yakinkan semua anggota tim bisa menyampaikan opininya hingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan dan tanyakan bila ada hambatan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tidak berarti semua mesti bisa menyampaikan pendapatnya, tetapi ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” mengatakan jika jumlah penghargaan yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kamu yang punya performa oke. Apresiasi kecil itu impactnya bisa menjadi sangat besar dan bikin anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar seimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang bagus dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu jika ada prestasi team yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota team.
Biarkan Anggota Tim BerbahagiaEntrepreneur Martin Zwilling dalam tulisannya yang dimuat di
Forbes menyebut kondisi lingkungan kerja mempunyai peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota tim tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang bisa dilakukan demi membuat anggota team lebih senang, contohnya buat irama kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat punya waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga buat tak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Agar mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia karena tak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta suasana kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " Tiga Cara Tingkatkan Engagement dalam Tim yang Efisen "
Posting Komentar