Kerja team yang baik tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Akan tetapi, bagaimanakah metode meraih kinerja yang maksimal sebagai tim? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tsb. Team yang kompak dan punya visi yang serupa tentunya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil optimal. Bagaimana metodenya membangun
engagement dalam team?
Job2Go bakal kasih sejumlah rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciIni merupakan rahasia umum yang sering banget disepelekan. Coba buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota tim. Manfaatkan semua jalur komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau berhadapan muka langsung. Yakinkan semua anggota team bisa menyampaikan opininya sehingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan dan tanyakan bila ada ancaman yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tak berarti semua mesti mampu menyampaikan opininya, tetapi ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” mengatakan jika jumlah penghargaan yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi tidak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim anda yang punya performa oke. Apresiasi kecil itu impactnya dapat menjadi sangat besar serta bikin anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar seimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang bagus dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu bila ada prestasi team yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangWirausahawan Martin Zwilling dalam artikelnya yang dimuat di
Forbes menyebut situasi lingkungan kerja memiliki peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota team tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang dapat dilakukan demi membuat anggota tim lebih bahagia, misalnya buat ritme kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat memiliki waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga untuk tak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Supaya mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia karena tidak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan suasana kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " Tiga Cara Tingkatkan Engagement dalam Team "
Posting Komentar