Kerja tim yang bagus tentunya akan mengarah ke hasil yang efisien pula. Akan tetapi, bagaimanakah metode meraih kinerja yang optimal sebagai tim? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tsb. Team yang kompak serta punya vision yang serupa tentunya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil optimal. Bagaimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go bakal beri sejumlah rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciIni merupakan rahasia umum yang sering kali diabaikan. Coba buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota tim. Gunakan semua medium komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Yakinkan semua anggota tim bisa menyampaikan pendapatnya hingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan dan tanyakan bila ada hambatan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tak berarti semua mesti mampu menyampaikan pendapatnya, tetapi ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” mengatakan jika frekuensi penghargaan yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim anda yang mempunyai kinerja menonjol. Penghargaan kecil itu efeknya bisa jadi sangat besar serta membuat anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya seimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang bagus dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu bila ada prestasi team yang membanggakan, tidak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangPengusaha Martin Zwilling dalam tulisannya yang diterbitkan di
Forbes menyebut situasi area kerja memiliki peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota tim tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang bisa dilakukan demi membuat anggota team lebih senang, contohnya buat irama kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat punya waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga untuk tidak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Agar mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang karena tidak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyenangi situasi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta kondisi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " Tiga Cara Tingkatkan Engagement dalam Tim "
Posting Komentar