Kerja team yang bagus tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Akan tetapi, bagaimanakah cara meraih kinerja yang optimal sebagai team? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tsb. Team yang kompak serta punya vision yang serupa pastinya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil optimal. Bagaimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan kasih beberapa rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciIni merupakan rahasia umum yang sering banget disepelekan. Coba deh buka ruang komunikasi yang luas antar anggota team. Manfaatkan semua jalur komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau bertatap muka langsung. Pastikan semua anggota tim bisa menyampaikan pendapatnya hingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan dan tanyakan bila ada kesulitan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tak berarti semua harus bisa menyampaikan opininya, tetapi ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” mengatakan jika jumlah penghargaan yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim anda yang memiliki performa menonjol. Apresiasi kecil itu dampaknya bisa jadi sangat besar dan bikin anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar seimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang bagus dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu jika ada pencapaian tim yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangWirausahawan Martin Zwilling dalam tulisannya yang dimuat di
Forbes menyebut situasi area kerja punya peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota team tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan demi membuat anggota tim lebih bahagia, misalnya buat irama kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat punya waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga untuk tidak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Supaya mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia sebab tidak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan suasana kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " Tiga Metode Membangun Engagement dalam Team yang Efisen "
Posting Komentar