Kerja tim yang bagus tentunya akan mengarah ke hasil yang efisien pula. Namun, bagaimanakah cara meraih kinerja yang optimal sebagai team? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tersebut. Tim yang kompak dan punya vision yang serupa pastinya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil maksimal. Gimana caranya membangun
engagement dalam tim?
Job2Go akan beri beberapa rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang sering banget disepelekan. Coba buka ruang komunikasi yang luas antar anggota tim. Gunakan semua medium komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau bertatap muka langsung. Yakinkan semua anggota team bisa menyampaikan pendapatnya hingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan serta tanyakan bila ada ancaman yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tak berarti semua mesti mampu menyampaikan pendapatnya, namun ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” bilang kalau jumlah apreasiasi yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi tidak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kalian yang mempunyai performa menonjol. Apresiasi kecil itu dampaknya bisa menjadi sangat besar serta membuat anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya seimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang baik dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu jika ada pencapaian team yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangWirausahawan Martin Zwilling dalam tulisannya yang diterbitkan di
Forbes menyebut situasi area kerja punya peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota tim tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang dapat dilakukan demi membuat anggota tim lebih senang, contohnya buat irama kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa punya waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga untuk tidak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Agar mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang karena tidak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyenangi situasi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta kondisi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " Tiga Metode Membangun Engagement dalam Team yang Efektif "
Posting Komentar