Kerja tim yang efisien tentunya akan mengarah ke hasil yang efisien pula. Namun, bagaimanakah metode meraih kinerja yang maksimal sebagai team? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tersebut. Tim yang kompak serta punya vision yang sama tentunya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil maksimal. Bagaimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go bakal kasih sejumlah rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang banyak banget disepelekan. Coba buka ruang komunikasi yang luas antar anggota tim. Gunakan semua jalur komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau bertatap muka langsung. Yakinkan semua anggota team dapat menyampaikan pendapatnya sehingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan dan tanyakan bila ada tantangan yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tidak berarti semua harus mampu menyampaikan pendapatnya, tetapi ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” mengatakan jika frekuensi apreasiasi yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kalian yang memiliki kinerja oke. Apresiasi kecil itu impactnya dapat jadi sangat besar serta membuat anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar berimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang baik dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu bila ada pencapaian tim yang membanggakan, gak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangWirausahawan Martin Zwilling dalam tulisannya yang diterbitkan di
Forbes menyebut situasi area kerja mempunyai peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota team tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan demi membuat anggota team lebih senang, contohnya buat ritme kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa memiliki waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga buat tak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Supaya mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang karena tak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta situasi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " Tiga Metode Meningkatkan Engagement dalam Team "
Posting Komentar