Kerja tim yang baik tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Namun, bagaimanakah cara meraih kinerja yang optimal sebagai tim? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tersebut. Tim yang kompak dan punya visi yang sama tentunya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil maksimal. Gimana metodenya membangun
engagement dalam team?
Job2Go bakal kasih sejumlah rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciIni merupakan rahasia umum yang sering banget diabaikan. Coba buka ruang komunikasi yang luas antar anggota tim. Manfaatkan semua jalur komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau bertatap muka langsung. Pastikan semua anggota tim dapat menyampaikan opininya hingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan serta tanyakan apabila ada tantangan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tidak berarti semua wajib mampu menyampaikan pendapatnya, tetapi ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” bilang kalau jumlah apreasiasi yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kamu yang punya performa oke. Apresiasi kecil itu dampaknya dapat jadi sangat besar dan membuat anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar seimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang bagus dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu bila ada prestasi tim yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangPengusaha Martin Zwilling dalam artikelnya yang dimuat di
Forbes menyebut kondisi area kerja memiliki peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota team tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang dapat dilakukan demi membuat anggota tim lebih bahagia, contohnya buat ritme kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa memiliki waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga buat tidak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Supaya mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia karena nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyenangi kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta kondisi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " Tiga Metode Meningkatkan Engagement dalam Tim yang Efektif "
Posting Komentar