Kerja team yang baik tentunya akan mengarah ke hasil yang efisien pula. Namun, bagaimanakah cara meraih kinerja yang maksimal sebagai tim? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tsb. Tim yang kompak serta punya vision yang serupa pastinya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil optimal. Gimana caranya membangun
engagement dalam tim?
Job2Go bakal kasih beberapa rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciIni merupakan rahasia umum yang banyak kali diabaikan. Coba buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota tim. Manfaatkan semua medium komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau berhadapan muka langsung. Pastikan semua anggota team bisa menyampaikan pendapatnya sehingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan dan tanyakan bila ada tantangan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tak berarti semua wajib sanggup menyampaikan opininya, namun ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” mengatakan jika jumlah penghargaan yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kamu yang punya performa bagus. Penghargaan kecil itu dampaknya bisa jadi sangat besar dan membuat anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar seimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang bagus dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu jika ada pencapaian team yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangPengusaha Martin Zwilling dalam artikelnya yang diterbitkan di
Forbes menyebut kondisi lingkungan kerja memiliki peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota tim tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang bisa dilakukan demi membuat anggota team lebih bahagia, misalnya buat ritme kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat memiliki waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga buat tidak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Agar mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia karena tidak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan situasi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " Tiga Metode Tingkatkan Engagement dalam Tim yang Efektif "
Posting Komentar