Kerja tim yang bagus tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Akan tetapi, bagaimanakah metode meraih kinerja yang optimal sebagai tim? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tersebut. Team yang kompak dan punya visi yang serupa pastinya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil maksimal. Bagaimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go bakal kasih sejumlah rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang banyak banget diabaikan. Coba deh buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota team. Gunakan semua medium komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau berhadapan muka langsung. Pastikan semua anggota team dapat menyampaikan opininya sehingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan dan tanyakan apabila ada ancaman yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tidak berarti semua mesti bisa menyampaikan opininya, namun ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” mengatakan kalau jumlah penghargaan yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kalian yang punya kinerja menonjol. Apresiasi kecil itu dampaknya bisa jadi sangat besar serta membuat anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya seimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang bagus dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu bila ada prestasi team yang membanggakan, tidak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota team.
Biarkan Anggota Tim SenangEntrepreneur Martin Zwilling dalam tulisannya yang dimuat di
Forbes menyebut situasi area kerja punya peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota tim tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan demi membuat anggota tim lebih senang, misalnya buat ritme kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa mempunyai waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga untuk tak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Supaya mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia karena tak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyenangi kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta situasi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " Tiga Metode Tingkatkan Engagement dalam Team yang Efektif "
Posting Komentar