Kerja tim yang efisien tentunya akan mengarah ke hasil yang efisien pula. Namun, bagaimanakah cara meraih kinerja yang optimal sebagai tim? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tsb. Tim yang kompak dan punya vision yang serupa pastinya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil optimal. Gimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan kasih sejumlah rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciIni merupakan rahasia umum yang sering kali disepelekan. Coba deh buka ruang komunikasi yang luas antar anggota team. Gunakan semua medium komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertatap muka langsung. Yakinkan semua anggota team bisa menyampaikan pendapatnya sehingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan serta tanyakan apabila ada hambatan yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tidak berarti semua harus mampu menyampaikan pendapatnya, tetapi ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” mengatakan jika jumlah apreasiasi yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi tidak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim kamu yang punya performa oke. Penghargaan kecil itu dampaknya bisa menjadi sangat besar serta membuat anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya berimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang bagus dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu jika ada pencapaian tim yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota team.
Biarkan Anggota Tim SenangPengusaha Martin Zwilling dalam tulisannya yang diterbitkan di
Forbes menyebut kondisi area kerja memiliki peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota tim tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan demi membuat anggota team lebih bahagia, contohnya buat irama kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa punya waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga buat tidak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Agar mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang karena tak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyenangi kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan situasi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " Tiga Tips Membangun Engagement dalam Tim yang Efektif "
Posting Komentar