Kerja tim yang efisien tentunya akan mengarah ke hasil yang baik pula. Namun, bagaimanakah cara meraih performa yang maksimal sebagai tim? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tsb. Team yang kompak dan punya vision yang sama pastinya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil optimal. Gimana metodenya membangun
engagement dalam tim?
Job2Go bakal kasih beberapa rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang sering banget disepelekan. Coba buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota tim. Manfaatkan semua jalur komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau berhadapan muka langsung. Pastikan semua anggota tim dapat menyampaikan pendapatnya sehingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan dan tanyakan bila ada ancaman yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tidak berarti semua mesti bisa menyampaikan opininya, tetapi ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” bilang kalau jumlah penghargaan yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kamu yang mempunyai kinerja bagus. Penghargaan kecil itu efeknya dapat menjadi sangat besar dan membuat anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar seimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang baik dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu bila ada prestasi team yang membanggakan, tidak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota team.
Biarkan Anggota Tim BerbahagiaPengusaha Martin Zwilling dalam tulisannya yang diterbitkan di
Forbes menyebut kondisi area kerja mempunyai peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota tim tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan demi membuat anggota tim lebih senang, misalnya buat irama kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa mempunyai waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga untuk tidak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Agar mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang sebab nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyukai situasi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan suasana kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " Tiga Tips Meningkatkan Engagement dalam Team yang Efisen "
Posting Komentar