Kerja team yang efektif tentunya akan mengarah ke hasil yang bagus pula. Akan tetapi, bagaimanakah cara meraih performa yang optimal sebagai team? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tersebut. Tim yang kompak serta punya vision yang sama tentunya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil optimal. Gimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan beri beberapa rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang banyak banget diabaikan. Coba deh buka ruang komunikasi yang luas antar anggota tim. Manfaatkan semua jalur komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau berhadapan muka langsung. Pastikan semua anggota team bisa menyampaikan pendapatnya sehingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan dan tanyakan bila ada kesulitan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tidak berarti semua mesti mampu menyampaikan opininya, tetapi ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” mengatakan kalau frekuensi apreasiasi yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi tidak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kamu yang mempunyai kinerja oke. Penghargaan kecil itu impactnya bisa menjadi sangat besar dan bikin anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar berimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang baik dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu jika ada prestasi tim yang membanggakan, gak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim BerbahagiaPengusaha Martin Zwilling dalam tulisannya yang dimuat di
Forbes menyebut situasi area kerja memiliki peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota tim tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang dapat dilakukan demi membuat anggota team lebih bahagia, contohnya buat ritme kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa mempunyai waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga buat tidak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Supaya mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia karena nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan kondisi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " Tiga Tips Meningkatkan Keterikatan Psikologis dalam Tim yang Efisen "
Posting Komentar