Kerja tim yang bagus tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Namun, bagaimanakah metode meraih kinerja yang maksimal sebagai team? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tsb. Tim yang kompak dan punya visi yang serupa tentunya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil optimal. Gimana caranya membangun
engagement dalam tim?
Job2Go bakal beri sejumlah rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang banyak kali disepelekan. Coba buka ruang komunikasi yang luas antar anggota tim. Gunakan semua medium komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau berhadapan muka langsung. Yakinkan semua anggota team dapat menyampaikan opininya hingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan serta tanyakan apabila ada tantangan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tidak berarti semua mesti sanggup menyampaikan pendapatnya, namun ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” bilang kalau jumlah penghargaan yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kamu yang punya performa bagus. Apresiasi kecil itu efeknya dapat menjadi sangat besar dan bikin anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya seimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang baik dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu bila ada pencapaian tim yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim BerbahagiaEntrepreneur Martin Zwilling dalam artikelnya yang diterbitkan di
Forbes menyebut situasi area kerja punya peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota tim tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan demi membuat anggota tim lebih senang, misalnya buat ritme kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa punya waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga untuk tidak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Supaya mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia sebab nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyenangi situasi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan kondisi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " Tiga Tips Tingkatkan Engagement dalam Team "
Posting Komentar