Kerja tim yang bagus tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Akan tetapi, bagaimanakah metode meraih kinerja yang maksimal sebagai team? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tsb. Team yang kompak serta punya visi yang sama pastinya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil optimal. Gimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan beri sejumlah rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciIni merupakan rahasia umum yang sering banget disepelekan. Coba buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota tim. Manfaatkan semua medium komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Yakinkan semua anggota tim dapat menyampaikan pendapatnya hingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan serta tanyakan apabila ada kesulitan yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tidak berarti semua harus bisa menyampaikan pendapatnya, namun ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” mengatakan jika frekuensi penghargaan yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim kamu yang memiliki performa oke. Penghargaan kecil itu efeknya bisa jadi sangat besar dan bikin anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya berimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang baik dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu jika ada pencapaian team yang membanggakan, tidak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim BerbahagiaWirausahawan Martin Zwilling dalam tulisannya yang dimuat di
Forbes menyebut kondisi area kerja punya peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota tim tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang bisa dilakukan demi membuat anggota tim lebih senang, contohnya buat irama kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa mempunyai waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga buat tidak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Supaya mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang sebab tidak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta suasana kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " Tiga Triks Membangun Engagement dalam Team yang Efektif "
Posting Komentar