Kerja tim yang efektif tentunya akan mengarah ke hasil yang efisien pula. Namun, bagaimanakah cara meraih performa yang optimal sebagai team? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tsb. Tim yang kompak dan punya vision yang serupa tentunya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil maksimal. Bagaimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go bakal beri beberapa rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciIni merupakan rahasia umum yang banyak kali disepelekan. Coba deh buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota tim. Manfaatkan semua jalur komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertatap muka langsung. Pastikan semua anggota tim dapat menyampaikan pendapatnya sehingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan dan tanyakan bila ada hambatan yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tidak berarti semua mesti mampu menyampaikan opininya, tetapi ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” bilang kalau frekuensi apreasiasi yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi tidak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kalian yang mempunyai kinerja bagus. Penghargaan kecil itu dampaknya dapat menjadi sangat besar dan bikin anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya seimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang baik dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu jika ada pencapaian tim yang membanggakan, gak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangWirausahawan Martin Zwilling dalam artikelnya yang diterbitkan di
Forbes menyebut situasi lingkungan kerja memiliki peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota team tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan demi membuat anggota team lebih bahagia, misalnya buat irama kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat punya waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga untuk tidak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Supaya mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia karena nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyukai situasi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan suasana kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " Tiga Triks Meningkatkan Engagement dalam Team yang Efektif "
Posting Komentar