Kerja tim yang baik tentunya akan mengarah ke hasil yang bagus pula. Namun, bagaimanakah cara meraih performa yang maksimal sebagai tim? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tersebut. Team yang kompak serta punya visi yang sama tentunya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil optimal. Bagaimana metodenya membangun
engagement dalam team?
Job2Go bakal kasih sejumlah rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang banyak banget diabaikan. Coba buka ruang komunikasi yang luas antar anggota team. Manfaatkan semua medium komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Yakinkan semua anggota team bisa menyampaikan pendapatnya hingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan dan tanyakan apabila ada tantangan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tak berarti semua wajib bisa menyampaikan pendapatnya, tetapi ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” mengatakan jika jumlah apreasiasi yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi tidak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim anda yang mempunyai performa oke. Apresiasi kecil itu efeknya bisa menjadi sangat besar dan bikin anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar berimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang baik dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu jika ada prestasi team yang membanggakan, gak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim BerbahagiaPengusaha Martin Zwilling dalam artikelnya yang diterbitkan di
Forbes menyebut kondisi lingkungan kerja punya peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota tim tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang bisa dilakukan demi membuat anggota tim lebih senang, contohnya buat irama kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa mempunyai waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga untuk tidak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Supaya mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang karena tak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta suasana kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " Tiga Triks Tingkatkan Engagement dalam Tim yang Efisen "
Posting Komentar