Labels

Mengetahui Dua Macam Stress dan Tiga Cara Mengatasinya

Mengetahui Dua Macam Stress dan Tiga Cara Mengatasinya - Hallo sahabat Lowongan Kerja Indonesia , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengetahui Dua Macam Stress dan Tiga Cara Mengatasinya , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pekerjaan , Artikel Stress , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengetahui Dua Macam Stress dan Tiga Cara Mengatasinya
link : Mengetahui Dua Macam Stress dan Tiga Cara Mengatasinya

Baca juga


Mengetahui Dua Macam Stress dan Tiga Cara Mengatasinya






















“Stres” mungkin ini adalah kata yang cukup melekat dengan kehidupan setiap hari. Hal itu memang betul adanya, sebab sebagai manusia sosial, setiap harinya hampir selalu dihadapkan dengan berbagai hal yang memancing stres. Mulai dari lingkaran terkecil seperti keluarga, pekerjaan, sampai masyarakat secara luas bisa menjadi pemicu stres.

{NamunTapi kamu tahu tidak jika stres itu sebetulnya tidak selalu buruk, loh. Supaya lebih mengerti soal seluk-beluk stres kita bahas sama-sama yuk! Diadaptasi dari tulisan Psikodemia.com stres ini terbagi ke dalam 2 macam, Eustress dan Distress. Keduanya memiliki karakteristik yang sangat berbeda, ini dia penjelasannya.

Eustress 

Ini adalah jenis stres yang mempunyai efek positif buat diri manusia. Bersifat sehat serta juga membangun diri kita untuk menjadi lebih baik. Biasanya stres tipe ini sering dihubungkan dengan kemampuan manusia untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan juga peningkatan kinerja yang baik. Misalnya nih kamu di lingkungan pekerjaan diberi tugas sama bos, tapi sebenarnya kalian tak mengerti bagaimana metode menyelesaikannya. Akhirnya anda jadi stres, tapi rasa stres ini memancing kamu buat mencari tau dengan berbagai cara untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Mulai dari tanya ke kolega kerja senior, cari data di internet, sampai mempelajari sendiri dari tulisan atau bahan bacaan lain. Stres ini justru jadi memancing kamu buat berpikir dan berkembang. Akhirnya tugas dari boss pun dapat terselesaikan dengan baik.

Distress

Stres jenis ini adalah kebalikan dari eustress. Di mana stres justru membuat dampak je;ek bagi manusia. Bersifat tidak sehat serta negatif. Hal ini ditandai dengan stres berlebihan yang telah mulai mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan bila terus dibiarkan dan nggak ditangani dengan baik bisa menimbulkan gangguan pada kesehatan, contohnya insomnia atau sulit tidur, asam lambung, dan mual. Anda wajib bisa mengidentifikasi dan mengenali bila stres sudah berlebihan dan terasa mengganggu. Jika diperlukan kamu dapat meminta pertolongan konsultasi dari ahli seperti psikolog atau dokter spesialis kejiwaan. Sehingga stuasi bisa cepat ditangani dan tidak semakin parah.

Nah, sebetulnya ada beragam metode yang dapat dilakukan untuk menghindari stres berlebihan. Salah satunya adalah dengan manajemen stres. Mengutip ahli Chrisendy Hakim dari tulisan HelloSehat ini dia metode yang dapat kalian lakukan

Kenali diri serta cari tahu penyebabnya

Sebagai langkah pertama, kalian harus mencari tahu pemicu datangnya stres. Apa kira-kira hal yang mengganggu pikiran dan menjadikan kamu nggak fokus dan contohnya menjadi sulit tidur. Setelah tau apa penyebabnya pelan-pelan perlahan-lahan berusaha mencari jalan keluar dengan mengendalikan emosi, berfikir positif, dan memberi motivasi kepada diri sendiri.

Lingkungan positif

Tau tak sih, kondisi stres itu dapat menular loh. Makanya sangat penting untuk kalian berada di sekeliling orang-orang yang berpikiran positif. Apalagi bila kamu lagi stres berat mendingan jauh-jauh dulu deh sama lingkungan yang buruk dan membawa efek negatif. Perbanyak berkumpul atau berdiskusi dengan lingkungan yang positif. Lama kelamaan anda pasti akan tertular dengan pemikiran-pemikiran yang positif, akhirnya beban stres pun perlahan-lahan menghilang.

Terapi relaksasi

Bernafas! Itu adalah kunci utama. Pada waktu tiba-tiba dihadapkan dengan masalah berat yang membuat hati jadi cemas berlebihan, takut, dan panik cobalah tetap tenang dengan mengatur nafas. Caranya mudah banget tapi sangat efektif. Coba cara 4-4-4 deh. Jadi, tarik nafas dalam empat hitungan, tahan selama empat detik, selanjutnya hembuskan nafas dalam hitungan empat detik. Badan menjadi rileks, pikiran pun akan jauh lebih tenang.

Olahraga

Mungkin kedengaran klise, namun percaya deh olahraga itu sangat bagus untuk merileksasi pikiran. Dengan berolahraga tubuh jadi lebih segar, suasana hati menjadi baik, dan produktivitas pun meningkat. Waktu berolahraga tubuh kita mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini menciptakan perasaan senang, tenang, dan bahagia.






Demikianlah Artikel Mengetahui Dua Macam Stress dan Tiga Cara Mengatasinya

Sekianlah artikel Mengetahui Dua Macam Stress dan Tiga Cara Mengatasinya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengetahui Dua Macam Stress dan Tiga Cara Mengatasinya dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/10/mengetahui-dua-macam-stress-dan-tiga.html

0 Response to " Mengetahui Dua Macam Stress dan Tiga Cara Mengatasinya "

Posting Komentar