Labels

Mengelola Dua Jenis Stres serta Tiga Strategi Menyelesaikannya

Mengelola Dua Jenis Stres serta Tiga Strategi Menyelesaikannya - Hallo sahabat Lowongan Kerja Indonesia , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengelola Dua Jenis Stres serta Tiga Strategi Menyelesaikannya , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pekerjaan , Artikel Stress , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengelola Dua Jenis Stres serta Tiga Strategi Menyelesaikannya
link : Mengelola Dua Jenis Stres serta Tiga Strategi Menyelesaikannya

Baca juga


Mengelola Dua Jenis Stres serta Tiga Strategi Menyelesaikannya






















“Stres” mungkin ini adalah kata yang cukup melekat dengan hidup setiap hari. Perihal ini memang benar adanya, sebab sebagai mahluk sosial, setiap harinya terkadang dihadapkan dengan bermacam hal yang memancing stres. Mulai dari lingkungan terkecil seperti keluarga, pekerjaan, sampai masyarakat secara luas dapat menjadi pemicu stres.

{NamunAkan tetapi kalian tau tak jika stres itu sebenarnya nggak selalu buruk, loh. Agar lebih mengerti soal seluk-beluk stres kita bahas sama-sama yuk! Diadaptasi dari tulisan Psikodemia.com stres itu terbagi ke dalam dua jenis, Eustress dan Distress. Keduanya memiliki karakteristik yang sangat berbeda, ini dia penjelasannya.

Eustress 

Ini adalah jenis stres yang mempunyai dampak positif buat diri manusia. Bersifat sehat dan juga membangun diri kita buat menjadi lebih baik. Biasanya stres jenis ini sering dihubungkan dengan kemampuan manusia untuk beradaptasi dengan lingkungan dan juga peningkatan kinerja yang baik. Misalnya nih anda di area bekerja dikasih tugas sama bos, tetapi sebetulnya kalian nggak mengerti bagaimana cara menyelesaikannya. Akhirnya anda jadi stres, tapi rasa stres itu memancing anda buat mencari tau dengan berbagai metode buat menyelesaikan pekerjaan tersebut. Mulai dari tanya ke kolega kerja senior, cari data di internet, hingga mempelajari sendiri dari buku atau bahan bacaan lain. Stres ini justru jadi memancing kalian untuk berpikir dan berkembang. Akhirnya tugas dari boss pun bisa terselesaikan dengan baik.

Distress

Stres tipe ini ialah berlawanan dari eustress. Di mana stres justru membawa dampak buruk buat manusia. Bersifat tak sehat serta negatif. Hal ini ditandai dengan stres berlebihan yang telah mulai mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan jika terus dibiarkan dan tak dikelola dengan baik bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan, contohnya insomnia atau sulit tidur, asam lambung, dan mual. Kamu harus bisa mengidentifikasi dan mengenali jika stres sudah berlebihan dan terasa mengganggu. Bila diperlukan kalian bisa meminta bantuan konsultasi dari pakar seperti psikolog atau dokter spesialis kejiwaan. Sehingga kondisi bisa cepat ditangani dan tidak semakin parah.

Nah, sebenarnya ada beragam metode yang bisa dilakukan buat menghindari stres berlebihan. Salah satunya adalah dengan manajemen stres. Mengutip pakar Chrisendy Hakim dari situs HelloSehat ini dia metode yang dapat kalian lakukan

Kenali diri serta cari tahu penyebabnya

Sebagai langkah pertama, kalian wajib mencari tahu pemicu datangnya stres. Apa kira-kira hal yang mengganggu pikiran dan menjadikan kamu tidak fokus dan contohnya membuat susah tidur. Setelah tau apa penyebabnya pelan-pelan perlahan-lahan berupaya mencari jalan keluar dengan mengontrol emosi, berfikir positif, dan memberi motivasi kepada diri sendiri.

Lingkungan positif

Tau tak sih, situasi stres itu bisa menular loh. Maka penting banget untuk anda berada di sekeliling orang-orang yang berpikiran positif. Apalagi ketika anda lagi stres berat mendingan jauh-jauh dulu deh sama lingkungan yang buruk dan membawa dampak negatif. Perbanyak berkumpul atau berdiskusi dengan lingkungan yang positif. Lama kelamaan anda pasti akan tertular dengan pemikiran-pemikiran yang positif, akhirnya beban stres pun perlahan-lahan menghilang.

Terapi relaksasi

Bernafas! Itu adalah kunci utama. Ketika tiba-tiba dihadapkan dengan masalah berat yang menyebabkan hati jadi cemas berlebihan, takut, dan panik cobalah tetap tenang dengan mengatur nafas. Caranya mudah banget namun sangat efektif. Coba cara 4-4-4 deh. Jadi, tarik nafas dalam 4 hitungan, tahan selama 4 detik, kemudian hembuskan nafas dalam hitungan empat detik. Badan menjadi rileks, pikiran pun akan jauh lebih tenang.

Olahraga

Mungkin kedengaran klise, namun percaya deh olahraga itu sangat bagus buat merileksasi pikiran. Dengan berolahraga tubuh jadi lebih segar, suasana hati menjadi baik, dan produktivitas pun meningkat. Saat berolahraga tubuh kita mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini menciptakan perasaan senang, tenang, dan bahagia.






Demikianlah Artikel Mengelola Dua Jenis Stres serta Tiga Strategi Menyelesaikannya

Sekianlah artikel Mengelola Dua Jenis Stres serta Tiga Strategi Menyelesaikannya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengelola Dua Jenis Stres serta Tiga Strategi Menyelesaikannya dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/12/mengelola-dua-jenis-stres-serta-tiga_28.html

0 Response to " Mengelola Dua Jenis Stres serta Tiga Strategi Menyelesaikannya "

Posting Komentar