Labels

Mengenal Dua Macam Stres dan 3 Cara Menyelesaikannya

Mengenal Dua Macam Stres dan 3 Cara Menyelesaikannya - Hallo sahabat Lowongan Kerja Indonesia , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal Dua Macam Stres dan 3 Cara Menyelesaikannya , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pekerjaan , Artikel Stress , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenal Dua Macam Stres dan 3 Cara Menyelesaikannya
link : Mengenal Dua Macam Stres dan 3 Cara Menyelesaikannya

Baca juga


Mengenal Dua Macam Stres dan 3 Cara Menyelesaikannya






















“Stres” mungkin ini adalah kata yang cukup menempel dengan hidup setiap hari. Hal itu memang betul adanya, karena sebagai mahluk sosial, setiap harinya terkadang dihadapkan dengan bermacam hal yang memancing stres. Mulai dari lingkungan terkecil seperti keluarga, pekerjaan, sampai masyarakat secara luas bisa menjadi pemicu stres.

{NamunTetapi kalian tau tidak jika stres ini sebenarnya tidak selalu buruk, loh. Supaya lebih mengerti soal seluk-beluk stres kita pelajari sama-sama yuk! Diadaptasi dari laman Psikodemia.com stres itu terbagi ke dalam 2 tipe, Eustress dan Distress. Keduanya mempunyai karakteristik yang sangat berbeda, ini dia penjelasannya.

Eustress 

Ini adalah tipe stres yang mempunyai dampak positif untuk diri manusia. Bersifat sehat dan juga membangun diri kita untuk menjadi lebih baik. Biasanya stres jenis ini selalu dihubungkan dengan kemampuan manusia buat beradaptasi dengan lingkungan dan juga peningkatan kinerja yang baik. Misalnya nih anda di area bekerja diberi tugas sama atasan, alan tetapi sebetulnya kalian nggak mengerti bagaimana cara menyelesaikannya. Akhirnya kamu jadi stres, tapi rasa stres itu memancing anda buat mencari tahu dengan berbagai cara buat menyelesaikan pekerjaan tersebut. Mulai dari tanya ke teman kerja senior, cari informasi di internet, hingga mempelajari sendiri dari tulisan atau bahan bacaan lain. Stres ini justru jadi memancing kamu buat berpikir dan berkembang. Akhirnya tugas dari bos pun dapat terselesaikan dengan baik.

Distress

Stres tipe ini adalah berlawanan dari eustress. Di mana stres justru membawa efek je;ek buat manusia. Bersifat tak sehat dan negatif. Hal ini ditandai dengan stres berlebihan yang telah mulai mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan bila terus dibiarkan dan nggak dikelola dengan baik bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan, contohnya insomnia atau sulit tidur, asam lambung, dan mual. Kamu mesti dapat mengidentifikasi dan mengenali bila stres telah berlebihan dan terasa mengganggu. Jika diperlukan kalian bisa meminta bantuan masukan dari pakar seperti psikolog atau dokter spesialis kejiwaan. Sehingga kondisi dapat cepat ditangani dan tidak semakin parah.

Nah, sebenarnya ada beragam metode yang dapat dilakukan untuk menghindari stres berlebihan. Salah satunya adalah dengan manajemen stres. Mengutip Dokter Chrisendy Hakim dari laman HelloSehat ini dia metode yang bisa anda lakukan

Kenali diri dan cari tau penyebabnya

Sebagai langkah pertama, anda harus mencari tahu pemicu datangnya stres. Apa kira-kira hal yang mengganggu pikiran dan menjadikan kamu nggak fokus dan misalnya menjadi susah tidur. Setelah tau apa penyebabnya pelan-pelan perlahan-lahan berusaha mencari jalan keluar dengan mengendalikan emosi, berfikir positif, dan memberi motivasi kepada diri sendiri.

Lingkungan positif

Tau tidak sih, kondisi stres itu dapat menular loh. Makanya penting banget untuk kamu berada di sekeliling orang-orang yang berpikiran positif. Apalagi bila kalian sedang stres berat lebih baik jauh-jauh dulu deh sama lingkungan yang buruk dan membawa efek negatif. Perbanyak berkumpul atau ngobrol dengan lingkungan yang positif. Lama kelamaan kamu pasti akan tertular dengan pemikiran-pemikiran yang positif, akhirnya beban stres pun perlahan-lahan menghilang.

Terapi relaksasi

Bernafas! Itu adalah kunci utama. Ketika tiba-tiba dihadapkan dengan masalah berat yang membuat hati jadi cemas berlebihan, takut, dan panik cobalah tetap tenang dengan mengatur nafas. Caranya mudah banget namun sangat efektif. Coba metode 4-4-4 deh. Jadi, tarik nafas dalam empat hitungan, tahan selama empat detik, selanjutnya hembuskan nafas dalam hitungan 4 detik. Badan menjadi rileks, pikiran pun akan jauh lebih tenang.

Olahraga

Mungkin kedengaran klise, namun percaya deh olahraga itu sangat baik untuk merileksasi pikiran. Dengan berolahraga badan jadi lebih segar, suasana hati menjadi baik, dan produktivitas pun meningkat. Waktu berolahraga tubuh kita mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini menciptakan perasaan senang, tenang, dan bahagia.






Demikianlah Artikel Mengenal Dua Macam Stres dan 3 Cara Menyelesaikannya

Sekianlah artikel Mengenal Dua Macam Stres dan 3 Cara Menyelesaikannya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengenal Dua Macam Stres dan 3 Cara Menyelesaikannya dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/12/mengenal-dua-macam-stres-dan-3-cara.html

0 Response to " Mengenal Dua Macam Stres dan 3 Cara Menyelesaikannya "

Posting Komentar