Labels

Mengenali 2 Jenis Stress serta 3 Metode Mengatasinya

Mengenali 2 Jenis Stress serta 3 Metode Mengatasinya - Hallo sahabat Lowongan Kerja Indonesia , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenali 2 Jenis Stress serta 3 Metode Mengatasinya , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pekerjaan , Artikel Stress , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenali 2 Jenis Stress serta 3 Metode Mengatasinya
link : Mengenali 2 Jenis Stress serta 3 Metode Mengatasinya

Baca juga


Mengenali 2 Jenis Stress serta 3 Metode Mengatasinya






















“Stres” mungkin ini adalah kata yang cukup melekat pada kehidupan setiap hari. Hal itu memang betul adanya, sebab sebagai manusia sosial, setiap harinya terkadang dihadapkan dengan berbagai hal yang memancing stres. Mulai dari lingkungan terkecil seperti keluarga, pekerjaan, sampai masyarakat secara luas bisa menjadi pemicu stres.

{NamunTapi kamu tahu tidak jika stres ini sebetulnya tak selalu buruk, loh. Agar lebih mengerti soal seluk-beluk stres kita pelajari sama-sama yuk! Dilansir dari situs Psikodemia.com stres itu terbagi ke dalam 2 tipe, Eustress dan Distress. Keduanya mempunyai karakteristik yang sangat berbeda, ini dia penjelasannya.

Eustress 

Ini ialah jenis stres yang membawa efek positif untuk diri manusia. Bersifat sehat serta juga membangun diri kita buat menjadi lebih baik. Biasanya stres tipe ini sering dihubungkan dengan kemampuan manusia untuk beradaptasi dengan lingkungan dan juga peningkatan kinerja yang baik. Misalnya nih kamu di lingkungan kerja diberi tugas sama bos, tetapi sebetulnya kamu tidak mengerti bagaimana metode menyelesaikannya. Akhirnya kamu jadi stres, tapi rasa stres itu memancing kalian buat mencari tahu dengan berbagai cara buat menyelesaikan pekerjaan tersebut. Mulai dari tanya ke rekan kerja senior, cari informasi di internet, hingga mempelajari sendiri dari tulisan atau bahan bacaan lain. Stres ini justru jadi memancing kalian buat berpikir dan berkembang. Akhirnya tugas dari boss pun bisa terselesaikan dengan baik.

Distress

Stres tipe ini ialah berlawanan dari eustress. Di mana stres justru membawa efek buruk bagi manusia. Bersifat tak sehat dan negatif. Hal ini ditandai dengan stres berlebihan yang sudah mulai mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan bila terus dibiarkan dan tak ditangani dengan baik bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan, contohnya insomnia atau sulit tidur, asam lambung, dan mual. Kalian wajib dapat mengidentifikasi dan mengenali bila stres sudah berlebihan dan terasa mengganggu. Bila diperlukan anda bisa meminta pertolongan masukan dari pakar seperti psikolog atau dokter spesialis kejiwaan. Sehingga kondisi dapat cepat ditangani dan tidak semakin parah.

Nah, sebenarnya ada beberapa metode yang dapat dilakukan buat menghindari stres berlebihan. Salah satunya adalah dengan manajemen stres. Mengutip Dokter Chrisendy Hakim dari laman HelloSehat ini dia triks yang dapat anda lakukan

Kenali diri dan cari tahu penyebabnya

Sebagai langkah pertama, kalian harus mencari tau pemicu datangnya stres. Apa kira-kira hal yang mengganggu pikiran dan membuat kalian tidak fokus dan misalnya membuat susah tidur. Setelah tau apa penyebabnya pelan-pelan perlahan-lahan berusaha mencari jalan keluar dengan mengontrol emosi, berfikir positif, dan memberi motivasi kepada diri sendiri.

Lingkungan positif

Tau tidak sih, kondisi stres itu bisa menular loh. Maka penting banget buat anda berada di sekeliling orang-orang yang berpikiran positif. Apalagi bila kalian lagi stres berat lebih baik jauh-jauh dulu deh sama lingkungan yang buruk dan membawa dampak negatif. Perbanyak berkumpul atau ngobrol dengan lingkungan yang positif. Lama kelamaan kalian pasti akan tertular dengan pemikiran-pemikiran yang positif, akhirnya beban stres pun perlahan-lahan menghilang.

Terapi relaksasi

Bernafas! Itu adalah kunci utama. Ketika tiba-tiba dihadapkan dengan masalah berat yang menyebabkan hati jadi cemas berlebihan, takut, dan panik cobalah tetap tenang dengan mengatur nafas. Caranya mudah banget namun sangat efektif. Coba metode 4-4-4 deh. Jadi, tarik nafas dalam 4 hitungan, tahan selama 4 detik, kemudian hembuskan nafas dalam hitungan empat detik. Badan menjadi rileks, pikiran pun akan jauh lebih tenang.

Olahraga

Mungkin kedengaran klise, namun percaya deh olahraga itu sangat baik buat merileksasi pikiran. Dengan berolahraga tubuh jadi lebih segar, suasana hati menjadi baik, dan produktivitas pun meningkat. Waktu berolahraga tubuh kita mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini menciptakan perasaan senang, tenang, serta bahagia.






Demikianlah Artikel Mengenali 2 Jenis Stress serta 3 Metode Mengatasinya

Sekianlah artikel Mengenali 2 Jenis Stress serta 3 Metode Mengatasinya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengenali 2 Jenis Stress serta 3 Metode Mengatasinya dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/12/mengenali-2-jenis-stress-serta-3-metode.html

0 Response to " Mengenali 2 Jenis Stress serta 3 Metode Mengatasinya "

Posting Komentar