Kerja team yang efektif tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Akan tetapi, bagaimanakah metode meraih performa yang optimal sebagai team? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tsb. Tim yang kompak dan punya visi yang serupa pastinya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil optimal. Gimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan beri sejumlah rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang banyak kali disepelekan. Coba buka ruang komunikasi yang luas antar anggota tim. Gunakan semua medium komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau berhadapan muka langsung. Pastikan semua anggota team dapat menyampaikan opininya sehingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan dan tanyakan bila ada ancaman yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tidak berarti semua harus sanggup menyampaikan opininya, namun ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” bilang jika frekuensi penghargaan yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi tidak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kalian yang punya kinerja oke. Penghargaan kecil itu efeknya dapat menjadi sangat besar serta membuat anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya berimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang bagus dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu bila ada prestasi tim yang membanggakan, gak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim BerbahagiaWirausahawan Martin Zwilling dalam artikelnya yang diterbitkan di
Forbes menyebut kondisi area kerja memiliki peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota team tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan demi membuat anggota team lebih bahagia, misalnya buat ritme kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat mempunyai waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga untuk tidak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Agar mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang sebab nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta kondisi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " 3 Cara Tingkatkan Keterikatan Psikologis dalam Tim yang Efektif "
Posting Komentar