Labels

Mengetahui Stres serta Tiga Cara Mengatasinya

Mengetahui Stres serta Tiga Cara Mengatasinya - Hallo sahabat Lowongan Kerja Indonesia , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengetahui Stres serta Tiga Cara Mengatasinya , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Job2Go , Artikel Pekerjaan , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengetahui Stres serta Tiga Cara Mengatasinya
link : Mengetahui Stres serta Tiga Cara Mengatasinya

Baca juga


Mengetahui Stres serta Tiga Cara Mengatasinya






















“Stres” mungkin ini ialah kata yang cukup menempel pada hidup sehari-hari. Perihal itu memang betul adanya, sebab sebagai mahluk sosial, setiap harinya hampir selalu dihadapkan dengan berbagai hal yang memicu stres. Mulai dari lingkaran terkecil seperti keluarga, pekerjaan, hingga masyarakat secara luas bisa menjadi pemicu stres.

{NamunTetapi kalian tau tidak kalau stres itu sebenarnya tak selalu buruk, loh. Supaya lebih mengerti soal seluk-beluk stres kita pelajari bareng yuk! Diadaptasi dari tulisan Psikodemia.com stres ini terbagi ke dalam 2 tipe, Eustress dan Distress. Keduanya mempunyai karakteristik yang sangat berbeda, ini dia penjelasannya.

Eustress

Ini adalah jenis stres yang membawa dampak positif untuk diri manusia. Bersifat sehat dan juga membangun diri kita buat menjadi lebih baik. Biasanya stres tipe ini selalu dihubungkan dengan kemampuan manusia untuk beradaptasi dengan lingkungan dan juga peningkatan kinerja yang baik. Contohnya nih kamu di area pekerjaan diberi tugas sama boss, alan tetapi sebetulnya anda tak paham bagaimana metode menyelesaikannya. Akhirnya kamu jadi stres, tapi rasa stres itu memancing kalian buat mencari tahu dengan berbagai cara untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Mulai dari tanya ke rekan kerja senior, cari informasi di internet, sampai mempelajari sendiri dari buku atau bahan bacaan lain. Stres ini justru jadi memancing kalian buat berpikir dan berkembang. Akhirnya tugas dari boss pun bisa terselesaikan dengan baik.

Distress

Stres tipe ini ialah kebalikan dari eustress. Di mana stres justru menyebabkan efek buruk buat manusia. Bersifat tak sehat serta negatif. Hal ini ditandai dengan stres berlebihan yang telah mulai mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan bila terus dibiarkan dan nggak ditangani dengan baik bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan, contohnya insomnia atau sulit tidur, asam lambung, dan mual. Kalian harus dapat mengidentifikasi dan mengenali bila stres telah berlebihan dan terasa mengganggu. Bila dibutuhkan kalian dapat meminta pertolongan konsultasi dari ahli seperti psikolog atau dokter spesialis kejiwaan. Sehingga kondisi dapat cepat ditangani dan tidak semakin parah.

Nah, sebetulnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari stres berlebihan. Salah satunya adalah dengan manajemen stres. Mengutip pakar Chrisendy Hakim dari laman HelloSehat ini dia triks yang dapat kamu lakukan

Kenali diri serta cari tahu penyebabnya

Sebagai langkah pertama, anda harus mencari tahu pemicu datangnya stres. Apa kira-kira hal yang mengganggu pikiran dan menjadikan kamu tidak fokus dan misalnya membuat sulit tidur. Setelah tahu apa penyebabnya pelan-pelan perlahan-lahan berusaha mencari jalan keluar dengan mengendalikan emosi, berfikir positif, dan memberi motivasi pada diri sendiri.

Lingkungan positif

Tau nggak sih, situasi stres itu dapat menular loh. Makanya sangat penting banget buat anda berada di sekeliling orang-orang yang berpikiran positif. Apalagi bila anda lagi stres berat lebih baik jauh-jauh dulu deh sama lingkungan yang buruk dan membawa efek negatif. Perbanyak berkumpul atau berdiskusi dengan lingkungan yang positif. Lama kelamaan kamu pasti akan tertular dengan pemikiran-pemikiran yang positif, akhirnya beban stres pun perlahan-lahan menghilang.

Terapi relaksasi

Bernafas! Itu adalah kunci utama. Ketika tiba-tiba dihadapkan dengan persoalan berat yang menyebabkan hati jadi cemas berlebihan, takut, dan panik cobalah tetap tenang dengan mengatur nafas. Caranya mudah banget namun sangat efektif. Coba cara 4-4-4 deh. Jadi, tarik nafas dalam 4 hitungan, tahan selama empat detik, selanjutnya hembuskan nafas dalam hitungan empat detik. Tubuh menjadi rileks, pikiran pun akan jauh lebih tenang.

Olahraga

Mungkin kedengaran klise, tapi percaya deh olahraga itu sangat baik untuk merileksasi pikiran. Dengan berolahraga tubuh jadi lebih segar, suasana hati menjadi baik, dan produktivitas pun meningkat. Saat berolahraga badan kita mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini menciptakan perasaan senang, tenang, dan bahagia.


Mau Cari Kerja di Job2Go  Aja!!!





Demikianlah Artikel Mengetahui Stres serta Tiga Cara Mengatasinya

Sekianlah artikel Mengetahui Stres serta Tiga Cara Mengatasinya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengetahui Stres serta Tiga Cara Mengatasinya dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/12/mengetahui-stres-serta-tiga-cara_28.html

0 Response to " Mengetahui Stres serta Tiga Cara Mengatasinya "

Posting Komentar