Labels

Mengelola Stress dan Tiga Metode Mengatasinya

Mengelola Stress dan Tiga Metode Mengatasinya - Hallo sahabat Lowongan Kerja Indonesia , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengelola Stress dan Tiga Metode Mengatasinya , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Job2Go , Artikel Pekerjaan , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengelola Stress dan Tiga Metode Mengatasinya
link : Mengelola Stress dan Tiga Metode Mengatasinya

Baca juga


Mengelola Stress dan Tiga Metode Mengatasinya






















“Stres” mungkin ini ialah kata yang cukup melekat pada kehidupan sehari-hari. Perihal ini memang betul adanya, karena sebagai manusia sosial, setiap harinya seringkali dihadapkan dengan bermacam hal yang memancing stres. Mulai dari lingkaran terkecil seperti keluarga, pekerjaan, sampai masyarakat secara luas dapat menjadi pemicu stres.

{NamunTapi kamu tahu tak jika stres ini sebenarnya tidak selalu buruk, loh. Agar lebih paham soal seluk-beluk stres kita pelajari bareng yuk! Dilansir dari situs Psikodemia.com stres itu terbagi ke dalam 2 jenis, Eustress dan Distress. Keduanya mempunyai karakteristik yang sangat berbeda, ini dia penjelasannya.

Eustress

Ini ialah tipe stres yang mempunyai efek positif untuk diri manusia. Bersifat sehat dan juga membangun diri kita untuk menjadi lebih baik. Biasanya stres jenis ini selalu dihubungkan dengan kemampuan manusia buat beradaptasi dengan lingkungan dan juga peningkatan kinerja yang baik. Contohnya nih kamu di area pekerjaan dikasih tugas sama boss, alan tetapi sebetulnya anda tidak mengerti bagaimana cara menyelesaikannya. Akhirnya kamu jadi stres, tapi rasa stres itu memancing kamu buat mencari tau dengan berbagai metode buat menyelesaikan pekerjaan tersebut. Mulai dari tanya ke rekan kerja senior, cari data di internet, hingga mempelajari sendiri dari jurnal atau bahan bacaan lain. Stres ini justru jadi memancing kalian untuk berpikir dan berkembang. Akhirnya tugas dari boss pun bisa terselesaikan dengan baik.

Distress

Stres jenis ini ialah kebalikan dari eustress. Di mana stres justru membuat dampak je;ek bagi manusia. Bersifat tidak sehat dan negatif. Hal ini ditandai dengan stres berlebihan yang sudah mulai mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan jika terus dibiarkan dan nggak ditangani dengan baik dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan, misalnya insomnia atau suah tidur, asam lambung, dan mual. Kalian mesti bisa mengidentifikasi dan mengenali bila stres telah berlebihan dan terasa mengganggu. Jika dibutuhkan kamu bisa meminta pertolongan konsultasi dari ahli seperti psikolog atau dokter spesialis kejiwaan. Sehingga kondisi dapat cepat ditangani dan tak semakin parah.

Nah, sebetulnya ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk menghindari stres berlebihan. Salah satunya ialah dengan manajemen stres. Mengutip Dokter Chrisendy Hakim dari tulisan HelloSehat ini dia metode yang dapat kamu lakukan

Kenali diri serta cari tau penyebabnya

Sebagai langkah pertama, kalian harus mencari tau pemicu datangnya stres. Apa kira-kira hal yang mengganggu pikiran dan menjadikan kamu tak fokus dan misalnya menjadi susah tidur. Setelah tau apa penyebabnya pelan-pelan perlahan-lahan berupaya mencari jalan keluar dengan mengelola emosi, berfikir positif, dan memberi motivasi kepada diri sendiri.

Lingkungan positif

Tau nggak sih, situasi stres itu bisa menular loh. Maka sangat penting banget buat anda berada di sekeliling orang-orang yang berpikiran positif. Apalagi bila kamu lagi stres berat lebih baik jauh-jauh dulu deh sama lingkungan yang buruk dan membawa efek negatif. Perbanyak berkumpul atau ngobrol dengan lingkungan yang positif. Lama kelamaan kamu pasti akan tertular dengan pemikiran-pemikiran yang positif, akhirnya beban stres pun perlahan-lahan menghilang.

Terapi relaksasi

Bernafas! Itu adalah kunci utama. Pada waktu tiba-tiba dihadapkan dengan masalah berat yang membuat hati jadi cemas berlebihan, takut, dan panik cobalah tetap tenang dengan mengatur nafas. Caranya gampang banget namun sangat efektif. Coba metode 4-4-4 deh. Jadi, tarik nafas dalam 4 hitungan, tahan selama 4 detik, selanjutnya hembuskan nafas dalam hitungan empat detik. Tubuh menjadi rileks, pikiran pun akan jauh lebih tenang.

Olahraga

Mungkin kedengaran klise, tapi percaya deh olahraga itu sangat bagus buat menenagkan pikiran. Dengan berolahraga badan jadi lebih segar, suasana hati menjadi baik, dan produktivitas pun meningkat. Saat berolahraga badan kita mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini menciptakan perasaan senang, tenang, serta bahagia.


Mau Cari Kerja di Job2Go  Aja!!!





Demikianlah Artikel Mengelola Stress dan Tiga Metode Mengatasinya

Sekianlah artikel Mengelola Stress dan Tiga Metode Mengatasinya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengelola Stress dan Tiga Metode Mengatasinya dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/12/mengelola-stress-dan-tiga-metode.html

0 Response to " Mengelola Stress dan Tiga Metode Mengatasinya "

Posting Komentar