Kerja team yang baik tentunya akan mengarah ke hasil yang efisien pula. Namun, bagaimanakah cara meraih performa yang optimal sebagai team? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tsb. Tim yang kompak serta punya vision yang serupa pastinya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil maksimal. Bagaimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go bakal beri beberapa rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciIni merupakan rahasia umum yang banyak banget disepelekan. Coba deh buka ruang komunikasi yang luas antar anggota team. Gunakan semua jalur komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Pastikan semua anggota tim dapat menyampaikan opininya sehingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan dan tanyakan bila ada hambatan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tidak berarti semua mesti bisa menyampaikan pendapatnya, namun ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” bilang kalau jumlah penghargaan yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim anda yang punya performa menonjol. Penghargaan kecil itu efeknya dapat menjadi sangat besar serta bikin anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar seimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang baik dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu bila ada pencapaian tim yang membanggakan, gak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangWirausahawan Martin Zwilling dalam tulisannya yang diterbitkan di
Forbes menyebut situasi lingkungan kerja punya peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota tim tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan demi membuat anggota tim lebih bahagia, contohnya buat ritme kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa punya waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga buat tidak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Agar mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia sebab nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyenangi kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta suasana kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " 3 Tips Tingkatkan Engagement dalam Tim yang Efektif "
Posting Komentar