Labels

Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja

Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja - Hallo sahabat Lowongan Kerja Indonesia , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Job2Go , Artikel Pekerjaan , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja
link : Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja

Baca juga


Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja






















 

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar dan paling melekat dengan manusia. Pernahkah kamu berimajinasi gimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semisal terpenjara. Hal itu wajar kok, sebab memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.

Eits jangan salah, komunikasi itu tidak melulu tentang bicara loh. Pada dasarnya komunikasi ialah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya bermacam-macam, dapat verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, serta tulisan) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).

Ada beberapa hal utama yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling penting dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi?  Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, serta mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kita sampaikan tidak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya menjadi salah paham.

Komunikasi Efektif di Tempat Kerja

Di area kerja setiap hari kita bertemu serta berinteraksi dengan bermacam-macam orang. Mulai dari ngobrol masalah kerjaan dengan rekan kerja, curhat masalah pribadi dengan teman di 1 bagian, hingga diskusi tentang pekerjaan dengan atasan. Kadang kala proses komunikasi ini tak selalu mulus. Selisih paham mungkin bisa terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.

Ada beberapa hal yang membuat seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan persoalan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat diperlukan.

Pada dasarnya semua orang memiliki kemampuan dasar untuk berkomunikasi, itu telah naluriah dan alami sejak kita dilahirkan. Namun tak semua orang memiliki kemampuan buat berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efektif terjadi ketika pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda ingin mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Waktu berdialog dengan bos, kamu wajib menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan anda mengajukan cuti agar bos anda betul - betul paham serta akhirnya memberikan izin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tidak baik.

Ada beberapa metode yang bisa kalian lakukan untuk menjadikan komunikasi kamu di tempat kerja lebih efisien, di antarnya:

  • Coba untuk lebih banyak mendengar


Komunikasi yang efektif dimulai dari kemampuan waktu mendengar. Anda mesti dapat menghargai teman kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini teman kerja dan bos kamu juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.

  • Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.


Point dari komunikasi yang efektif adalah waktu pesan dapat tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa kamu berbicara serta sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting agar komunikasi gampang dipahami serta akhirnya menjadi efektif.

  • Perhatikan bahasa tubuh.


Waktu kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah untuk memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting buat dilakukan. Misalnya dikala berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai respon positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kalian sebagai tanda bahwa anda antusias dalam pembicaraan tersebut.






Demikianlah Artikel Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja

Sekianlah artikel Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/berartinya-membina-komunikasi-efisien.html

0 Response to " Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja "

Posting Komentar