Judul : Pentingnya Membangun Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja
link : Pentingnya Membangun Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja
Pentingnya Membangun Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja

Komunikasi adalah hal yang sangat mendasar dan paling menempel pada manusia. Pernahkah kalian membayangkan bagaimana rasanya bertahan 1 hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semacam terpenjara. Perihal itu normal kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu bukan melulu tentang bicara loh. Prinsipnya komunikasi ialah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari satu pihak ke pihak lainnya. Bentuknya bermacam-macam, bisa verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, dan tertulis) atau non-verbal (ekspresi serta gerak tubuh).
Ada beberapa hal utama yang melekat dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut seorang ahli komunikasi Julia T. Wood, persepsi adalah hal yang paling penting dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi ialah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diperoleh dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya awal timbul persoalan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kita sampaikan tidak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya menjadi salah paham.
Komunikasi Efisien di Tempat Kerja
Di lokasi kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan rekan kerja, curhat masalah pribadi dengan rekan di 1 divisi, hingga diskusi tentang pekerjaan dengan atasan. Kadang kala proses komunikasi ini tak selalu lancar. Selisih paham mungkin pernah terjadi waktu proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang dapat berselisih paham. Salah satunya ialah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menyebabkan permasalahan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efisien sangat diperlukan.
Pada dasarnya setia orang mempunyai kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu telah naluriah serta alami sejak dilahirkan. Namun tak semua orang punya kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efisien terjadi kala pesan terkirim dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda ingin mengajukan cuti ke bos dengan alasan acara keluarga yang mendesak di luar kota. Saat berdialog dengan atasan, kamu wajib menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan anda mengajukan cuti agar bos kamu betul - betul mengerti dan akhirnya memberikan izin. Pesan itu harus tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tidak baik.
Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan buat menjadikan komunikasi kalian di tempat kerja lebih efektif, di antarnya:
- Coba buat lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan waktu mendengar. Kamu mesti dapat menghargai teman kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini rekan kerja serta atasan kamu juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang mudah.
Inti dari komunikasi yang efektif ialah waktu pesan bisa tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa kamu berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting agar komunikasi mudah dipahami serta akhirnya menjadi efisien.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Saat kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting untuk dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara anda sebagai tanda bahwa anda antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Pentingnya Membangun Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja
Sekianlah artikel
Pentingnya Membangun Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pentingnya Membangun Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/pentingnya-membangun-komunikasi-efisien_16.html
0 Response to " Pentingnya Membangun Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja "
Posting Komentar