Judul : Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Tempat Pekerjaan
link : Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Tempat Pekerjaan
Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Tempat Pekerjaan

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar serta paling melekat pada manusia. Pernahkah anda berimajinasi gimana rasanya bertahan 1 hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semisal terpenjara. Hal itu normal kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan basic manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu bukan melulu terkait bicara loh. Prinsipnya komunikasi ialah proses penyampaian pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya bermacam-macam, bisa verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, serta tulisan) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).
Ada beberapa hal penting yang melekat dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut seorang ahli komunikasi Julia T. Wood, persepsi adalah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang mau kitakirim tak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya jadi salah paham.
Komunikasi Efisien di Lingkungan Kerja
Di tempat kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan bermacam-macam orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan teman kerja, curhat masalah pribadi dengan teman di satu divisi, sampai diskusi terkait pekerjaan dengan atasan. Kadang kala proses komunikasi ini tidak selalu lancar. Selisih paham mungkin bisa terjadi waktu proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menyebabkan permasalahan antara 2 pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efisien sangat dibutuhkan.
Pada dasarnya semua orang memiliki kemampuan dasar untuk berkomunikasi, itu telah naluriah dan alami sejak kita dilahirkan. Tetapi tak semua orang punya kemampuan buat berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efisien terjadi kala pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda mau mengajukan cuti ke bos dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Saat berdialog dengan atasan, kamu harus menyampaikan dengan jelas maksud serta tujuan kalian mengajukan cuti supaya atasan anda betul - betul mengerti serta akhirnya memberikan ijin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik buat menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tak.
Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menjadikan komunikasi kamu di lokasi kerja lebih efektif, di antarnya:
- Coba buat lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif dimulai dari kemampuan dalam mendengar. Kalian mesti bisa menghormati rekan kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini rekan kerja dan bos kalian juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.
Point dari komunikasi yang efektif ialah ketika pesan dapat tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa kalian berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi gampang dipahami dan akhirnya menjadi efisien.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Dikala kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi berarti untuk dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kamu sebagai tanda bahwa anda antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Tempat Pekerjaan
Sekianlah artikel
Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Tempat Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Tempat Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/pentingnya-membina-komunikasi-efektif_13.html
0 Response to " Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Tempat Pekerjaan "
Posting Komentar