Judul : Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Kerja
link : Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Kerja
Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Kerja

Komunikasi adalah hal yang sangat mendasar serta paling melekat dengan manusia. Pernahkah kamu membayangkan gimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semisal terpenjara. Hal itu wajar kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu bukan hanya terkait bicara loh. Pada dasarnya komunikasi ialah proses penyampaian pesan dalam bentuk apapun dari satu pihak ke pihak lainnya. Bentuknya bermacam-macam, bisa verbal (contohnya melalui ucapan, kata-kata, dan tertulis) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).
Ada beberapa hal utama yang melekat dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang ahli komunikasi Julia T. Wood, persepsi adalah hal yang paling penting dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang mau kita sampaikan tidak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya jadi salah paham.
Komunikasi Efisien di Tempat Kerja
Di lokasi kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan bermacam-macam orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan teman kerja, curhat masalah pribadi dengan teman di 1 bagian, hingga diskusi terkait pekerjaan dengan bos. Terkadang proses komunikasi ini tidak selalu mulus. Selisih paham mungkin bisa terjadi waktu proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan permasalahan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat diperlukan.
Pada dasarnya semua orang memiliki kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu telah naluriah serta alami sejak kita dilahirkan. Tetapi tak semua orang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efisien terjadi kala pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda mau mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang mendesak di luar kota. Saat berkomunikasi dengan bos, anda harus menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan kalian mengajukan cuti supaya bos anda benar-benar mengerti serta akhirnya memberikan ijin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik buat menghindari kesalah pahaman yang nantinya bisa berujung pada komunikasi yang tidak baik.
Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan buat menjadikan komunikasi kalian di tempat kerja lebih efisien, di antarnya:
- Coba buat lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif dimulai dari kemampuan dalam mendengar. Kalian mesti bisa menghargai rekan kerja dan atasan di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini kolega kerja serta bos kalian juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.
Point dari komunikasi yang efektif adalah waktu pesan bisa tersampaikan dengan baik. Jadi, ketahuilah dengan siapa kalian berbicara serta sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting agar komunikasi gampang dipahami serta akhirnya menjadi efisien.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Dikala kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Meski ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting untuk dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, serta sesekali memberi anggukan sebagai respon positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara anda sebagai tanda bahwa kamu antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Kerja
Sekianlah artikel
Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Kerja
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Kerja dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/pentingnya-membina-komunikasi-yang_23.html
0 Response to " Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Kerja "
Posting Komentar