Judul : Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Pekerjaan
link : Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Pekerjaan
Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Pekerjaan

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar serta paling melekat dengan manusia. Sempatkah anda membayangkan bagaimana rasanya bertahan 1 hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semisal terpenjara. Perihal itu wajar kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan basic manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu bukan hanya tentang bicara loh. Pada dasarnya komunikasi adalah proses penyampaian pesan dalam bentuk apapun dari satu pihak ke pihak lainnya. Bentuknya bermacam-macam, dapat verbal (contohnya melalui ucapan, kata-kata, dan tertulis) atau non-verbal (ekspresi serta gerak tubuh).
Ada beberapa hal utama yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi adalah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, serta mengartikan pesan yang diperoleh dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya awal timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kitakirim tidak diterima atau diartikan dengan benar, akhirnya menjadi salah paham.
Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja
Di tempat kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan kolega kerja, curhat masalah pribadi dengan teman di satu divisi, hingga diskusi terkait pekerjaan dengan atasan. Kadang kala proses komunikasi ini tak selalu lancar. Selisih paham mungkin pernah terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang dapat berselisih paham. Salah satunya ialah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menyebabkan permasalahan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efisien sangat diperlukan.
Pada dasarnya semua orang mempunyai kemampuan dasar untuk berkomunikasi, itu sudah naluriah dan alami sejak kita dilahirkan. Namun tidak semua orang memiliki kemampuan buat berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efektif terjadi ketika pesan terkirim dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya kalian ingin mengajukan cuti ke bos dengan alasan acara keluarga yang mendesak di luar kota. Waktu bicara dengan bos, kalian wajib menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan anda mengajukan cuti supaya bos kamu betul - betul paham dan akhirnya memberikan izin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya bisa berujung pada komunikasi yang tidak baik.
Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjadikan komunikasi anda di lokasi kerja lebih efisien, di antarnya:
- Coba buat lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan waktu mendengar. Anda wajib dapat menghargai rekan kerja dan atasan di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini kolega kerja dan bos kalian juga akan menghargai kamu saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.
Inti dari komunikasi yang efektif ialah ketika pesan bisa tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa kamu berbicara serta sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting agar komunikasi gampang dipahami dan akhirnya menjadi efektif.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Saat kita berdialog dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Meski ini hal yang terdengar sepele, tetapi berarti buat dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai respon positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kalian sebagai tanda bahwa kalian antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Pekerjaan
Sekianlah artikel
Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/pentingnya-membina-komunikasi-yang_25.html
0 Response to " Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Pekerjaan "
Posting Komentar