Kerja tim yang bagus tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Akan tetapi, bagaimanakah cara meraih performa yang maksimal sebagai tim? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tsb. Team yang kompak dan punya vision yang sama pastinya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil maksimal. Gimana metodenya membangun
engagement dalam team?
Job2Go bakal kasih sejumlah rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang sering banget disepelekan. Coba buka ruang komunikasi yang luas antar anggota tim. Manfaatkan semua jalur komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau berhadapan muka langsung. Yakinkan semua anggota tim bisa menyampaikan opininya sehingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan serta tanyakan bila ada tantangan yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tidak berarti semua harus bisa menyampaikan opininya, namun ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” mengatakan kalau jumlah penghargaan yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim anda yang memiliki performa bagus. Penghargaan kecil itu impactnya dapat jadi sangat besar dan membuat anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar berimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang baik dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu jika ada pencapaian tim yang membanggakan, tidak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota team.
Biarkan Anggota Tim BerbahagiaWirausahawan Martin Zwilling dalam tulisannya yang diterbitkan di
Forbes menyebut kondisi area kerja punya peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota tim tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang bisa dilakukan demi membuat anggota team lebih senang, misalnya buat irama kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat punya waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga buat tak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Agar mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang sebab tidak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyenangi kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan suasana kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " Tiga Tips Membangun Engagement dalam Tim "
Posting Komentar