Kerja tim yang efektif tentunya akan mengarah ke hasil yang bagus pula. Akan tetapi, bagaimanakah metode meraih performa yang optimal sebagai tim? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tersebut. Team yang kompak dan punya vision yang serupa tentunya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil optimal. Bagaimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan kasih sejumlah rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang sering banget disepelekan. Coba buka ruang komunikasi yang luas antar anggota team. Manfaatkan semua medium komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau berhadapan muka langsung. Pastikan semua anggota tim bisa menyampaikan pendapatnya sehingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan dan tanyakan apabila ada hambatan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tidak berarti semua harus bisa menyampaikan opininya, namun ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” bilang jika frekuensi apreasiasi yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kalian yang mempunyai kinerja bagus. Apresiasi kecil itu impactnya dapat menjadi sangat besar dan bikin anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya berimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang baik dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu bila ada prestasi team yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota team.
Biarkan Anggota Tim SenangEntrepreneur Martin Zwilling dalam artikelnya yang diterbitkan di
Forbes menyebut situasi lingkungan kerja punya peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota team tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang dapat dilakukan demi membuat anggota team lebih bahagia, contohnya buat ritme kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa mempunyai waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga buat tidak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Agar mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang sebab tak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta kondisi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " Tiga Cara Penting untuk Membangun Engagement dalam Tim Kerja "
Posting Komentar